Danrem 045/Gaya Memberikan Kuliah Kebangsaan Kepada Mahasiswa Unmuh Babel 

PANGKALPINANG —  Danrem 045/Garuda Jaya Brigjen TNI M Jangkung Widyanto, S.I.P., M.Tr.(Han) memberikan kuliah kebangsaan kepada Mahasiswa Universitas Muhammadiyah (Unmuh) dengan tema “Implementasi Wawasan Kebangsaan dan Semangat Nasionalisme untuk Generasi Z yang berkeunggulan.

Kuliah kebangsaan dilaksanakan Selasa 08/06/2021 Pagi bertempat di Auditorium Universitas Muhammadiyah Babel lantai 4 JaIan KH A Dahlan Mangkol Kecamatan Pangkalan Baru Kabupaten Bangka Tengah.

Danrem mengawali materinya tentang ancaman yang di hadapi oleh suatu bangsa yaitu ancaman Militer dan non Militer, ancaman militer yaitu ancaman yang menggunakan kekuatan senjata, sementara non Militer adalah ancaman yang tidak ada sifat fisik serta bentuknya yang tidak terlihat secara kasat mata yang mencakup ideologi, politik, ekonomi, sosial budaya, teknologi, kesehatan dan lainnya.

Brigjen M Jangkung menggambarkan bahwa kondisi saat ini pada era keterbukaan dan dunia tanpa batas yang membawakan perubahan, dunia tanpa batas tidak ada yang abadi semua bisa berubah. Yang abadi adalah perubahan itu sendiri. Sedangkan Generasi Z adalah generasi yang diwarnai Digital, Gadget dan Medsos. Diperlukan sikap bijak dalam penggunan Medsos agar tidak merugikan diri sendiri maupun orang lain.

Selanjutnya Danrem menjelaskan arti dari Bela negara yaitu sikap dan perilaku warga negara untuk menjamin kelangsungan hidup bangsa dan negara. dijiwai oleh kecintaannya terhadap NKRI berdasarkan Pancasila dan UUD 1945 dimana dasar hukumnya pada UUD 1945 pasal 27 ayat 3 dan UUD 1945 pasal 30 ayat 1 dan 2.

Mengapa harus di bela, karena negara merupakan kesatuan sosial politik, peran dan fungsinya sangat besar bagi kepentingan warga dalam rangka pengembangan sebagai manusia maupun bangsa.

Komandan menambahkan bahwa Bela Negara mempunyai 5 dasar yaitu Cinta Tanah Air, Kesadaran Berbangsa dan Bernegara, Pancasila sebagai Ideologi Negara, Rela Berkorban dan kemampuan awal dalam Bela Negara.

Pimpinan TNI AD Babel ini menghimbau kepada para mahasiswa dalam kehidupan berbangsa dan bernegara, untuk selalu berbuat terbaik yang diawali dari diri sendiri, sehingga berdampak pada keluarga, lingkungan masyarakat, hingga ke tahap atau tingkat lebih besar (dunia), sebagaimana melalui kutipan An Anglian Bishop 11 AD, as written on the Crypts of Westminster Abbey.

Harapan Danrem kepada mahasiswa Unmuh Babel tingkatkan iman dan taqwa, menjadi agen perubahan, dapat menjadi contoh yang baik dilingkungan kampus disiplin tekun dan semangat dalam menuntut ilmu.

Selain itu peduli, berbuat dan berkarya untuk kepentingan masyarakat bangsa dan negara selanjutnya berbuat yang terbaik, tulus, ikhlas dalam pengabdian kepada bangsa dan NKRI. Harap Danrem. (rh/red).

Sumber : Penrem 045/Gaya

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *