Pasar Blahbatuh Gianyar Hangus Luluh Lantak

Diposting pada 0 views

Gianyar Bali | Media Pers Indonesia – Luluh lantak Pasar Blahbatuh di Gianyar, Bali, akibat terbakar hebat, pada Selasa (15/6/2021) petang.


Berdasarkan informasi dan pantauan di TKP sejumlah 602 lapak milik pedagang ludes dilalap api.
Menurut warga asap mulai terlihat sekira jam 5.30 kemudian secara cepat menghanguskan bagunan lantai atas dan merembet kesegala arah, akibat dari barang-barang yang ada dalam kios sangat mudah terbakar, asap hitam mengepul terlihat hingga dikejauhan 8 km, beberapa pedagang pada lantai bawah berupaya menyelamatkan barang dagangannya dibantu warga, bahkan Bupati Gianyarpun turun ke TKP untuk ikut berupaya mengajak warga untuk mengatur dan membantu mengevakuasi lapak pedagang, sembari menginstruksikan agar Damkar juga mengantisipasi rembetan api agar tidak sampai ke rumah – rumah penduduk.


Tak pelak kejadian naas tersebut menjadi tontonan masyarakat kala petugas Damkar memadamkan api, lalu lintaspun terpaksa dialihkan.

Dugaan sementara, dari pengamatan warga sumber api berasal dari lantai dua.
Kobaran api cepat membesar menimang tiupan angin yang cukup kencang membuat kobaran api dengan cepat menyambar ke lapak lainnya, yang penuh dengan barang mudah terbakar seperti : baju, tas, sepatu dll.
Kurang lebih sebanyak 20 Mobil Damkar berasal dari kesatuan Gianyar, bantuan dari Bangli, Denpasar, Badung, beserta timnya berjibaku memadamkan api di lokasi. Kobaran api berhasil dijinakkan sekira pukul 20an WITA, namun saat api jinak kondisi pasar sudah ludes termakan api, seirama dengan luluh lantaknya para hati pedagang yang kehilangan lapak beserta isinya, mereka cuman bisa menatap dengan tatapan kosong diluar garis kuning pembatas.

Kepala Dinas Perindustrian dan Perdagangan Gianyar Luh Gede Eka Suary yang ikut berada di lokasi mengatakan, ada sebanyak 602 pedagang di Pasar Blahbatuh, dan semoga masih ada barang yang bisa diselamatkan.

Secara pasti penyebab terjadinya kebakaran teraebut masih belum ada titik terang, dan dalam tahap penyelidikan pihak terkait.
(Krg).

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *