Banyak Tidak Berpenghasilan Akibat Covid-19, Peserta JKN Jembrana Nunggak

Diposting pada 0 views

Persindonesia.com Jembrana – Dampak dari pandemi Covid-19 yang sudah bertahun-tahun terjadi di Indonesia bahkan dunia membuat perekonomian lumpuh total, banyak orang kegilangan pekerjaannya, pengusaha kecil maupun menengah gulung tikar

Selain mempengaruhi biaya hidup, biaya kesehatan masyarakat pun terganggu dikarenakan banyak masyarakat yang tidak berpenghasilan dikarenakan kehilangan pekerjaan dan diprediksi kondisi Ini juga berakibat pada pembayaran premi/iuran BPJS kesehatan. Hal ini berpengaruh ribuan peserta JKN menunggak.

Hari Ulos Nasional 2021, Panitia Persiapkan Perhelatan Dengan Teliti

Sementara Kepala BPJS Cabang Singaraja yang juga mewilayahi Kabupaten Jembrana Elly Widiani saat ngumpul bareng sahabat media Jembrana terkait optimalisasi layanan JKN (Jaminan Kesehatan Nasional) di Negara, Rabu (16/6/2021) membenarkan kondisi tersebut

“Pada bulan Mei 2021 sebanyak 13.132 jiwa peserta JKN mandiri yang menunggak, dengan total nilai Rp 12,5 miliar. Dengan rincian kelas 1 sebanyak 2390 jiwa (Rp 4,5 miliar), kelas 2 sebanyak 3731 jiwa (Rp 4,7 miliar) dan kelas 3 sebanyak 7.011 jiwa (Rp 12,5 miliar),” uraiannya.

Bupati Tamba: Hutan Mensejahterakan Masyarakat, Jangan Hutan Dirusak

Lebih jelasnya ia mengatakan, jumlah penunggak ini memang ada peningkatan dibandingkan dengan tahun 2020 yang mencapai 10 sampai 15 persen. Pihaknya sudah berusaha melakukan berbagai upaya untuk menagih iuran yang menunggak tersebut.

“Badan usaha yang belum maksimal membayar premi BPJS Kesehatan, kami juga sudah berkoordinasi dengan Kejaksaan Negeri Jembrana,” jelasnya.

Dua Oknum OKP Bentrok Lahan Organisasi Harus Bertaggungjawab

Permasalahan ini, imbuh Elly, tidak bisa kami selesaikan sendiri, nanti kami akan koordinasi dengan pemerintah daerah, takutnya jangan sampai dikarenakan tunggakan peserta JKN akan mempengaruhi pelayanan,” terangnya. (Sb)

 

662940login-checkBanyak Tidak Berpenghasilan Akibat Covid-19, Peserta JKN Jembrana Nunggak

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *