Gubernur Bali Hadiri Peringatan Sumpah Pemuda Tahun 2021 di Kabupaten Jembrana

Persindonesia.com Jembrana – Peringatan Hari Sumpah Pemuda ke-93 tahun di Kabupaten Jembrana dipusatkan areal Pura Gede Perancak, Desa Perancak, Kecamatan Jembrana, Kamis (28/10/2021). Spesialnya pada peringatan sumpah pemuda kali ini, selain Bupati I Nengah Tamba dan Wabup I Gede Ngurah Patriana Krisna berserta Forkopimda Jembrana, juga dihadiri secara langsung oleh Gubernur Bali Wayan Koster beserta Kapolda Bali Irjen Pol. Putu Jayan Danu Putra.

Turut hadir dalam kegiatan tersebut Direktur Utama Bank BPD Bali I Nyoman Sudharma, Kepala Dinas Kominfo Bali Gede Purnama, jajaran Polda Bali, jajaran TNI serta seluruh peserta yang terkait dalam kegiatan tersebut.
Berbagai macam kegiatan yang dilaksanakan, diantaranya apel Peringatan Sumpah Pemuda yang dirangkaikan dengan apel pengecekan kesiapan Forum Sipandu Beradat dan Bankamda yang dipimpin oleh Gubernur Bali dan Kapolda Bali. Selain itu, terdapat deklarasi pemuda Jembrana peduli lingkungan, penyerahan hadiah lomba kontennya media social inovatif dan Lomba Silpakara Nugraha Tahun 2021 kemudian dilanjutkan dengan penanaman bibit mangrove bersama serta pemaparan Bupati Jembrana terkait pengembangan kawasan TIKTOP (Tibu Kleneng Tower Park).

Kodam IX/Udayana Dikunjungi KRI Bima Suci Satuan Latihan Kartika Jala Krida

Peringatan Hari Sumpah Pemuda tahun 2021 dilaksanakan dengan tetap menerapkan protokol kesehatan yang ketat, mengingat masih dalam suasana pandemi covid-19. Untuk peserta sendiri, berasal dari siswa-siswi Kabupaten Jembrana, dan FKRH (Forum Komunikasi Remaja Hindu) Jembrana, unsur Polri dan Satpol PP Jembrana serta Pecalang dan Linmas Kabupaten Jembrana.

Gubernur Bali Wayan Koster dalam sambutannya menyampaikan pada peringatan Hari Sumpah Pemuda tahun 2021 ini, mengangkat tema Bersatu, Bangkit dan Tumbuh. Dipilihnya tema ini adalah sebagai bentuk penggambaran spirit persatuan dalam keberagaman bangsa Indonesia. Selain itu, dari tema tersebut juga menjadi spirit partisipasi kaum muda untuk bangkit melawan pandemi COVID-19 untuk mewujudkan pertumbuhan ekonomi dengan semangat kewirausahaan pemuda.

Patroli Rutin di Malam Hari, Personel Polsek Klungkung Berikan Imbauan Prokes di Pasar Galiran

Sambung Koster, dengan munculnya Pandemi Covid-19 yang merupakan siklus alam, hendaknya dimaknai sebagai momentum untuk melakukan mulat sarira secara sungguh-sungguh dengan sedalam-dalamnya, meningkatkan kesadaran dan kesabaran bersama, dengan tidak memunculkan sikap dan perilaku emosional, rasa curiga, saling tuduh, saling menyalahkan yang dapat memperkeruh suasana, dan menjadi kontra produktif.

“Saya memastikan, Pemerintah Provinsi Bali dengan kompak bersama Pangdam IX/Udayana, Kapolda Bali, Kejaksaan Tinggi Bali, Bupati/Walikota se-Bali, serta berbagai komponen masyarakat Bali, termasuk semua pemuda, terus bekerja keras dengan berbagai upaya dalam menangani Pandemi Covid-19, sesuai arahan kebijakan Pemerintah Pusat,” ucapnya.

Gerai Vaksin Presisi Polres Klungkung Laksanakan Vaksinasi Dosis Pertama dan Kedua

Lebih lanjut Gubernur Wayan Koster mengatakan terdapat beberapa hal-hal yang terus dilakukan agar tidak terjadi lonjakan kasus Covid-19 di Bali seperti memperketat protokol kesehatan, menjaga pola hidup sehat dan bebas Covid-19 dengan 6M, melakukan Testing, Tracing, dan Treatment (3T), terus melaksanakan operasi yustisi dan melakukan isolasi terpusat, percepatan vaksinasi serta peningkatan layanan pasien di Rumah Sakit Rujukan.

Ia menambahkan, Untuk pencapaian vaksinasi suntik ke-1 telah mencapai 100,04% dari target jumlah 3,4 juta penduduk, sedangkan vaksinasi suntik ke-2 telah mencapai 85,83%. Dengan pencapaian target vaksinasi, akan terbentuk herd immunity (kekebalan kelompok) masyarakat di Bali, sehingga mengurangi risiko penularan Covid-19 dalam berbagai aktivitas.

Polsek Ubud Gencarkan Himbauan Prokes dan Bagi Masker

“Meskipun sudah divaksinasi, mengingat kasus baru Covid-19 masih terjadi tidak hanya di Bali, tetapi di Indonesia dan seluruh dunia, Saya menghimbau kepada seluruh Krama Bali agar tetap tertib dan disiplin melaksanakan protokol kesehatan sesuai kebijakan pemerintah. Hal ini perlu disadari bersama untuk kepentingan melindungi diri sendiri, keluarga, dan masyarakat luas dari penularan Covid-19 sehingga kasus baru Covid-19 dapat diturunkan agar kepercayaan masyarakat luar terhadap Bali dapat meningkat kembali. Dengan restu Hyang Widhi Wasa dan atas kerja keras secara bersama-sama, Pandemi Covid-19 Astungkara segera matilar (berakhir), aktivitas masyarakat normal, dan perekonomian Bali tumbuh serta bangkit kembali,” ujarnya.

Diakhir sambutannya, orang nomor satu di Bali tesebut menuturkan dengan kesadaran dan tanggung jawab bersama, dengan api semangat Sumpah Pemuda 1928, pemerintah, pihak swasta, masyarakat termasuk para pemuda, agar selalu bersatu bergandengan tangan dalam upaya agar perekonomian Bali segera pulih dan bangkit kembali. “Kembali Saya mengajak kepada seluruh krama Bali terus berupaya dan berdoa bersama agar apa yang menjadi harapan kita bersama dapat berjalan dengan lancar, nyaman, aman, damai, dan sukses,” ajaknya.

Polsek Blahbatuh Kampanyekan Prokes Kepada Warga Pendatang

Sementara itu, Bupati Jembrana I Nengah Tamba ditemui usai pelaksanaan kegiatan menyampaikan ucapan terima kasih atas kehadiran Gubernur Bali Wayan Koster serta Kapolda Bali Irjen Pol. Putu Jayan Danu Putra yang hadir secara langsung untuk mengikuti seluruh rangkaian kegiatan pada Peringatan Hari Sumpah Pemuda tahun 2021 di Kabupaten Jembrana.

“Kehadiran Bapak Gubenur Bali dan Kapolda Bali pada peringatan sumpah pemuda di Jembrana tentunya sangat berkesan untuk kita semua, semoga apa yang menjadi tema peringatan kali ini yaitu Bersatu, Bangkit dan Tumbuh betul-betul dimaknai sebagai bentuk penggambaran spirit persatuan dalam keberagaman bangsa Indonesia dan juga menjadi spirit partisipasi kaum muda untuk bangkit melawan Pandemi Covid-19 untuk mewujudkan pertumbuhan ekonomi dengan semangat kewirausahaan pemuda,” imbuhnya.

Kepala Desa Bunar Prioritaskan Pembangunan Infrastuktur Jalan Desa

Tidak hanya itu saja, Bupati Tamba juga menyampaikan apresiasi yang luar biasa kepada seluruh stakeholder pendukung kegiatan dan khususnya masyarakat Desa Perancak sehingga seluruh rangkaian kegiatan ini dapat berjalan dengan lancar dan sukses. “Kepada seluruh rekan-rekan yang ikut andil dalam menyukseskan kegiatan ini, Saya mengapresiasi luar biasa, berkat kekompakan dan sinergitas yang selama ini terjalin dengan sangat baik, kegiatan peringatan Hari Sumpah Pemuda tahun 2021 di Kabupaten Jembrana ini mampu terlaksana dengan sukses dan lancar,” pungkasnya. (sb/ed27)

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *