Sungai Desa Sumbersari Meluap, Rumah Warga dan Jalan Raya Tergenang Banjir

Persindonesia.com Jembrana – Sempat diguyur hujan lebat, rumah warga Desa Sumbersari, Kecamatan Melaya, Kabupaten Jembrana terendam banjir, bahkan air sempat menggenangi Jalan Denpasar Gilimanuk.

Terjadinya banjir dadakan tersebut dimulai sekitar pukul 15.30 wita, dikarenakan Sungai yang ada di sebelah barat Pondok Pesantren Thariqul Mahfudz meluap cukup besar dikarenakan adalah adanya kayu yang cukup besar dan sampah menyumbat sungai dan air meluap ke rumah warga hingga jalan raya.

Bupati Jember Tinjau Lokasi Banjir Di 3 Kecamatan

Saat dikonfirmasi awak media Persindonesia.com Pengasuh Pondok Pesantren Thariqul Mahfudz K.Ahmad Marzuki Hasan menuturkan, meluapnya air sungai yang ada di sebelah barat Pondok Pesantren dikarenakan adanya kayu besar yang menyumbat aliran sungai, sehingga air meluap keluar.

“Kami mengerahkan anak-anak santri dan dibantu beberapa warga gotong royong membersihkan sampah dan kayu yang menyumbat aliran sungai tersebut sehingga menggenangi rumah warga serta jalan raya,” terangnya.

Bupati Banjar Lepas Atlet Kejurnas Junior XV Panjat Tebing Aceh

Sementara Perebekel Desa Melaya membenarkan adanya banjir tersebut, dirinya juga mengatakan, banjir tersebut dikaranakan banyaknya tumpukan sampah dan ada batang kayu besar yang menyumbat gorong-gorong aliran sungai tersebut.

“Sedangkan pohon besar yang menyumbat aliran sungai tersebut, itu merupakan pohon milik warga yang tumbang akibat hujan dan tergerus air besar sehingga menyumbat gorong-gorong tersebut hingga air meluap menggenangi rumah warga dan jalan raya,” ujarnya.

Wagub Cok Ace Harap Duta Pariwisata Indonesia Promo Potensi Pariwisata Indonesia

Pihaknya sudah laporkan kejadian tersebut kepada BPBD Jembrana agar disampaikan kepada bapak bupati untuk mengusulkan ke pusat. “Kita hanya bisa melaporkan saja, mengingat jalan itu jalan nasional dan merupakan masuk sebagai sungai Sumbersari. Saya menghimbau kepada warga agar selalu melakukan antisipasi menjelang musim penghujan,” tutupnya.

Ditempat yang sama Kapolsek Melaya I Made Katon menambahkan, kejadian melubernya sungai Sumbersari hingga ke jalan raya tidak sampai mengganggu arus lalu lintas di Jalan Raya Denpasar Gilimanuk. “Beberapa anak pesantren, warga dan didukung oleh petugas Polsek Melaya sudah gotong royong membersihkan sampah yang menyumbat gorong-gorong sungai tersebut,” tutupnya. (Sam)

 

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *