Anggota DPRD Akan Minta Keterangan Dari PT MASG

Diposting pada 20 views

Indragiri Hulu, – Anggota Dewan Perwakilan Rakyat Daerah (DPRD) Indragiri Hulu (Inhu),
Riau dari Daerah Pemilihan (Dapil) Inhu III, Alex, kaget ada Pabrik Kelapa Sawit (PKS) PT MASG belum memiliki kebun penyokong pengolahan buah sawit menjadi CPO di Desa Gumanti Peranap.

Oleh karena itu, dalam waktu dekat akan meminta keterangan dari pihak manajemen perusahaan itu. Selayaknya, Pabrik Kelapa Sawit (PKS) yang belum mengantongi kelengkapan berinvestasi. Ini berpedoman pada Permentan salah satunya dengan memiliki perkebunan penyokong produksi CPO.

“Saya gerah, masih ada perushaan yang berani berinvestasi tanpa mengindahkan Permentan,” kata Sekretaris Komisi II DPRD Inhu, Alex di Rengat, Kamis.

Sudah dua tahun beroperasi, seharusnya kelengkapan lengkap agar berinvestasi aman. Jika itu yang terjadi, ada dugaan data yang dipalsukan untuk mendapatkan izin operasional.

Untuk mengetahui secara pasti tentang perizinan operasional sebagaimana amanat Permentan nomor 98 tahun 2013 tentang pedoman perizinan usaha perkebunan, yang menyebutkan usaha Industri Pengolahan Hasil Perkebunan (IUP-P), Komisi II akan mengagendakan panggil Hearing Manajemen.

“Saya koordinasikan dulu ke Pimpinan, mudah-mudahan dalam waktu singkat ini Manajamen Perusahaan PKS PT MASG akan kita panggil untuk rapat dengar pendapat, bersama stakeholder terkait,” singkat Alex.

Pabrik kelapa sawit (PKS) PT Mustika Agung Sawit Gemilang (MASG) di Desa Gumanti, Peranap, Indragiri Hulu agar aman dan lancar beroperasi tidak ada masyalah dengan lingkungan, maka harus memiliki kebun.

Kebun itu, pendukung bahan baku PKS sesuai dengan aturan berdirinya usaha pabrik. Selain itu, ada komitmen untuk berkontribusi dengan masyarakat setempat, seperti realisasi program CSR.

Sedangkan, terkait persoalan ini, Manager Penyuplai bahan baku ke PKS PT MASG Syamsul mengatakan, hampir tidak rata – rata pabrik kelapa sawit belum punya kebun sendiri.

“Rata – rata PKS tidak ada yang punya kebun,” katanya.

Setakat ini, pihak manajemen PT MASG belum dapat dikonfirmasi terkait hal ini. Begitu juga dengan instansi terkait belum dapat dihubungi. ***

946400login-checkAnggota DPRD Akan Minta Keterangan Dari PT MASG

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *