Sosialisasi Perda Provinsi Kepulauan Bangka Belitung 2021, Ini Tanggapan Warga

Diposting pada 13 views

Terak — Bertempat di salah satu kediaman Tokoh masyarakat Terak Desa Terak Kecamatan Simpang Katis Kabupaten Bangka Tengah, Sabtu 27/11/2021 sekira pukul 15.00 WIB digelar kegiatan Sosialisasi Penyebarluasan Peraturan Daerah Provinsi Kepulauan Bangka Belitung Tahun 2021 oleh Anggota DPRD Provinsi Kepulauan Bangka Belitung.

Yang mana pada kesempatan tersebut dihadirikan pula narasumber dari Komisi IV DPRD Provinsi Kepulauan Bangka Belitung yaitu Hariyanto dan Kadisnaker Provinsi Kepulauan Bangka Belitung,Elfiyena.

Hariyanto selaku Anggota Komisi IV DPRD Provinsi Kepulauan Bangka Belitung menyampaikan perihal mengenai Perda Nomor 8 Tahun 2018 tentang Pengendalian Pencemaran dan Kerusakan Lingkungan Hidup yang ada di Provinsi Kepulauan Bangka Belitung sedangkan Elfiyena selaku Kadisnaker Provinsi Kepulauan Bangka Belitung menyampaikan Perda Nomor 4 tahun 2021 tentang ketenagakerjaan untuk dilaksanakan agar masyarakat mendapat jaminan ketenagakerjaannya baik dilingkungan perusahaan swasta maupun wiraswasta dengan berbagai pekerjaan dilakukan untuk mendapatkan perlindungan serta jaminan yang layak.

Elfiyena menjelaskan,”Bahwa Masyarakat wajib tahu adanya Perda nomor 4 tahun 2021 yang mana Pemerintah dan DPRD sudah menyusun peraturan ketenagakerjaan yang dapat dibuka melalui website ketenagakerjaan Disnaker Babel juga bisa dilihat di loker Disnaker Provinsi Kepulauan Bangka Belitung setiap hari pada jam kerja mengenai informasi ketenagakerjaan,” Jelasnya.

Tak lupa pula Elfiyena mengajak masyarakat untuk mengikuti pelatihan di Balai Latihan Kerja ( BLK ) yang disediakan oleh pemerintah yang nantinya diberikan pelatihan berbagai bidang jurusan keterampilan serta mendapatkan legalitas dari hasil pelatihan,”Ajaknya.

Menurutnya masyarakat Desa Terak dan Kepulauan Bangka Belitung pada khususnya harus bisa bekerja selain pekerjaan TI dan berkebun.

Dikesempatan ini juga Haryono selaku Kepala Desa Terak menanggapi baik pengenalan Perda Ketenagakerjaan No 4 Tahun 2021,akan tetapi Ia menyinggung program Desa Terak sebelumnya yang mana telah diprogramkan pelatihan- pelatihan keterampilan yang kebetulan dilaksanakan di Sekolah Menengah Kejuruan (SMK) yang berada di Kecamatan Simpang Katis,” Paparnya.

Haryono menambahkan,” Bahwa tidak sampai disitu,saat ini kami masyarakat Desa Terak yang juga berkelanjutan paska tambang yang sekian hari semakin sedikit hasil yang di dapat,”Tambahannya.

Haryono mengatakan,” Di desa kami memiliki Bukit Mongkol yang kaya akan alam yang kami anggap ini dapat dimanfaatkan untuk dikelola masyarakat desa menjadi daerah pariwisata hingga memiliki nilai jual, namun harapan ini belum sepenuhnya kami dapati karena menurut aturan daerah Bukit Mangkol merupakan kawasan hutan konservasi.

Selain bagus untuk tempat wisata, Kawasan tersebut juga menyimpan hasil bumi yang bisa membuat masyarakat sejahtera,”Imbuhnya.

Ya intinya saya selaku Kepala Desa hanya menyampaikan aspirasi msyarakat saya, mengenai apa yang sudah terjadi suatu pekerjaan hari-hari mereka dengan bertani dan juga bertambang di kawasan bibir perbukitan Mangkol untuk tidak dilakukan upaya hukum atau di kejar kejar aparat hukum. Karena mereka meminta hal tersebut di karena kan hanya mencari makan,” Paparnya.

Sementara itu salah satu warga menyampaikan aspirasinya mengenai pemanfaatan kawasan hutan konserfasi,Ia meminta kepada pihak intansi terkait agar masyarakat bisa beraktifitas di kawasan tersebut tanpa ada rasa ketakutan terhadap aktivitas yang mereka lakukan.

“Tolong pak “Kami meminta kepada Pemerintah,Kami tidak meminta uang Pemerintah, Kami cuma ingin mencari rejeki dengan cara melimbang timah, Tolong jangan ganggu Kami dan jangan tangkap Kami, Karena dari hasil melimbang Kami dapat beli kelengkapan rumah,”Ungkap Ema.

Hari ini dapat timah langsung dapat dijual, besok kami sudah bisa belanja,”Ujar Ema.

Usai kegiatan Hariyanto selaku Anggota Komisi lV DPRD Provinsi Kepulauan Bangka saat di wawancara oleh awak media menuturkan,” Bahwa dengan adanya kegiatan sosialisasi dan masuk dari masyarakat akan coba berkolaborasi kepada Intansi terkait,”Pungkasnya.(ale).

 

950790login-checkSosialisasi Perda Provinsi Kepulauan Bangka Belitung 2021, Ini Tanggapan Warga

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *