Persiapkan Pengaspalan Swadaya, Babinsa Bersama Warga Gotong Royong Perbaiki Saluran Air

Tabanan (persindonesia.com) – Babinsa selalu hadir ditengah-tengah masyarakat guna mendukung pemerintah mewujudkan masyarakat yang aman dan sejahtera. Seperti yang dilaksanakan oleh Babinsa Desa Babahan Ramil 1619-08/Penebel Serka I Made Arka saat gotong royong mengembalikan fungsi saluran air terkait rencana pengaspalan secara swadaya bersama warga di Banjar Dinas Utu Desa Babahan Kec. Penebel, pada minggu (28/11/2021).

Menurut Babinsa Serka I Made Arka Sesuai arahan Komandan Kodim 1619/Tabanan Letkol Inf Ferry Adianto S.IP dan juga Danrmil 1619-08/Penebel Kapten Inf I Nyoman Arya Kepakisan salah satunya adalah didalam pelaksaan tugasnya di wilayah desa binaan agar para babinsa selalu berada ditengah-tengah masyarakat untuk mengetahui kesulitan yang ada didalam masyarakat dan bersama-sama untuk mencari solusi dari setiap permasalahan yang ada.

Terlebih-lebih dimusim penghujan dan mewaspadai Fenomena alam La Nina yang diperkirakan hingga februari mendatang Babinsa harus lebih waspada terhadap potensi bencana alam yang mungkin dapat terjadi di wilayahnya.

Adapun Kegiatan Babinsa Babahan kali adalah turut bersama-sama bergotongroyong membantu warga masyarakat untuk melaksanakan kegiatan pembersihan got atau saluran air dalam rangka mengembalikan fungsi saluran air (got) dimana pada musim penghujan air hujan tidak dapat disalurkan dengan baik karena saluran air tidak berfungsi seperti semula.

Diharapkan setelah got atau saluran air ini dikembalikan fungsinya dan berfungsi dengan baik dapat menampung air hujan untuk dapat disalurkan dengan baik sehingga menghindari air hujan meluap kejalan dan mengganggu warga yang melintas serta mengurangi resiko bencana banjir atupun tanah longsor.

Lebih lanjut ia menyampikan bahwa disamping itu pembersihan saluran air (got) di pinggir jalan tersebut juga berkaitan dengan adanya rencana pengaspalan jalan sepanjang 225 meter yang akan dikerjakan secara swadaya oleh masyarakat setempat.

Adapun rencana pengaspalan jalan yang juga jalan lintas menuju Pura Luhur Besi Kalung tersebut akan dilakukan dari Gapura Banjar Utu sampai masuk ke Dusun Utu Desa Babahan, jelasnya.

Sedangkan pengerjaan kali ini dimaksimalkan hasil hingga volume kerja sepanjang 100 m dan akan dilanjutkan di waktu-waktu selanjutnya.
Masyarakat terlihat sangat antusias didalam melaksanakan gotongroyong yang dikoordinir oleh Bendesa Adat Utu Dr. I Nengah Seriawan. S. Ag. M. Si. Bersama Prejuru Adat dan Dinas Banjar Utu.

Hadir pula dalam kegiatan tersebut Perbekel Desa Babahan terpilih I Made Sukapariana S.E. bersama perangkat Desa Babahan, Ketua Pok Darwis bersama anggota, Warga masyarakat Dusun Utu, tandasnya.

Tim.

 

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *