Dua Bule Turki Pelaku Skiming Dibekuk Polda Bali

Diposting pada 31 views

Polda Bali (persindonesia.cpm) – Tim Resmob Ditreskrimum Polda Bali berhasil ungkap tindak pidana pencurian data dan uang nasabah Bank dengan modus skiming oleh jaringan Internasional kelompok Turkey.

Diawali dengan laporan korban Achmad Fn 39 tahun asal Badung Bali, pada 22 November 2021.
seorang karyawan BUMN (Asistance Vice President PT Bank Mandiri (Persero), Tbk Region XI Bali dan Nusa Tenggara).

Kejadian terjadi pada hari Jumat 19 Nopember 2021 sekira pukul 01:00 Wita, dengan Tkp ATM salah satu Bank di Supermarket Bogaswaha di Sempidi Mengwi Badung.

Pelaku ACY 33 tahun asal Turkey ditangkap di pinggir jalan Tangeb Badung, di Bali ACY yang mengaku tidak punya pekerjaan ini tinggal di Fila Lasala tepatnya di Banjar Anyar Kerobokan Kuta.

Sedangkan pelaku BMB 34 tahun asal Turkey, di Bali tinggal di Bali The Hide Hostel tepatnya di Jalan Padang Linjong Kuta Utara Badung.

Modus operandi : pelaku memakai alat skiming berupa router pada modem mesin ATM dan memasang hiden camera pada bagian atas keypad PIN mesin ATM.

Awalnya pada hari Sabtu tanggal 20 Nopember 2021, pihak Eco Bank mendapat laporan adanya ganguan dari Team Patroli Bank, yang terjadi di mesin ATM Bank yang berlokasi di Supermarket Bogaswaha di jl. Raya Lukluk Sempidi Mengwi Badung, setelah dilakukan pengecekanan ternyata gembok pengunci rangka/box mesin ATM dalam keadaan rusak dan dalam casing box mesin ATM didapatkan sebuah alat router telah terpasang dalam modem mesin ATM.
Dan dari rekaman CCTV diketahui pada hari Jumat tanggal 19 Nopember 2021 sekira pukul 01.03 Wita terlihat ada 2 orang mengendarai sepeda motor Vario hitam dengan ciri-ciri yang satu berbadan besar gemuk dan yang satu lagi berbadan kecil kurus datang ke area lokasi ATM di Supermarket Bogaswaha.
Terlihat pelaku yang berbadan gemuk dengan menggunakan baju switer warna abu, helm putih scoopy masuk kedalam ATM kemudian membongkar gembok box /casing pada mesin ATM dengan menggunakan kunci pass selanjutnya memasang alat router dengan disambungkan pada modem mesin ATM, selanjutnya sekira pukul 05.00 Wita terlihat pelaku yang berbadan kecil masuk kedalam atm dengan menggunakan baju jaket warna hitan, celana panjang dan sepatu serta helm melakukan pemasangan alat hiden camera pada bagian atas keypad pin mesin ATM.
Juga terlihat bahwa kedua pelaku secara bergantian mengecek alat yang dipasang dan kemudian sekira pukul 10.58 Wita pelaku yang badanya kurus datang kembali mengambil hiden camera yang dipasang.

Team Resmob Ditreskrimum Polda Bali melakukan lidik dan analisa data rekaman berbekal rekaman CCTV yang mengarah ke pelaku selanjutnya pada hari Minggu tanggal 21 Nopember 2021 sampai dengan hari Senin tanggal 22 Nopember 2021 anggota Team Resmob Ditreskrimum Polda Bali melalukan penyanggongan penangkapan di seputaran Jalan Raya Lukluk Sempidi Mengwi Badung.
Kedua pelaku sempat mau melarikan diri namun dapat dihentikan.

Dari barang-barang yang ditemukan pada kedua pelaku serta adanya keterangan kedua pelaku yang mengakui telah melakukan pemasangan alat berupa router dan hiden camera pada ATM tersebut.
dari Tkp dan dilakukan pengeledahan di tempat tinggal masing-masing pelaku Polisi berhasil mengamankan barang bukti sejumlah uang dan alat skiming.

Berdasarkan keterangan Direskrimsus timnya terus melakukan pengembangan kasus lebih lanjut dengan misi mendapatkan otak pelaku mafia skiming internasional ini.

Akibat ulah para pelaku diperkirakan kerugian sebesar Rp 50.000.000,- dan masih dalam tahap pengembangan kemungkinan masih ada korban yang lain yang belum sempat melapor.

Pelaku telah melanggar tindak pidana secara bersama-sama dengan sengaja tanpa hak atau melawan hukum mengakses computer atau system elektronik milik orang lain dengan cara apapun sebagaimana dimaksud dalam pasal 30 jo pasal 46 UU RI dan nomor 19 tahun 2016, tentang perubahan atas Undang Undang RI nomor 12 tahun 2008 tentang ITE.

Demikian kutipan Konfrensi Pers Direskrimum Polda Bali, dipaparkan oleh Direskrimum Polda Bali Kombes Pol Ari Santriyan.

Tim.

971690login-checkDua Bule Turki Pelaku Skiming Dibekuk Polda Bali

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *