Polda Bali Bekuk Bule Perempuan Warga Ukraine Pelaku Skiming

Diposting pada 13 views

Polda Bali (persindonesia.com) – Dimulai dengan adanya laporan tindak pencurian yang terjadi pada tanggal 30 november 2021 sekira pukul 10.57 Wita s/d pukul 11.08 Wita di mesin ATM di Indomaret SPBU Unggasan tepatnya jl. Raya Uluwatu Kuta selatan.

Kronologis kejadian diuraikan dalam Konferensi Pers Dit Reskrimum Polda Bali di Mapolda Bali pada 9 Desember 2021.

Berdasar laporan pada tanggal 30 November 2021 sekira pukul 10.57 Wita s/d pukul 11.08 wita di ATM yang terpasang di indomaret SPBU Unggasan jl. Raya Uluwatu no. 75 x Unggasan, Kec. Kuta Selasan, Kab, Badung.

Uraian singkat kronologis kejadian sbb ; pada tanggal 1 Desember 2021 nasabah dua nasabah Bank yang berada di Bau Bau Sulawesi Selatan atas nama Nur H dan Marda melaporkan tidak ada melakukan transaksi namun saldo pada rekening tabungannya tersebut berkurang.

Berdasarkan laporan nasabah tersebut, tim dari Bank melakukan pengecekan CCTV dan menganalisa data transaksi yang dilaporkan nasabah kemudian ditemukan transaksi mencurigakan rekening nasabah tersebut yang dilakukan di Bali tepatnya pada mesin ATM Unggasan Bali, kemudian tim mengecek CCTV pada ATM tersebut diketahui pada jam yang sesuai dengan transaksi yang dilaporkan oleh nasabah tersebut terekam seseorang dengan menggunakan helm warna kuning dan jas hujan warna hijau muda sedang melakukan transaksi di atm tersebut dari postur tubuh orang yang melakukan transaksi jauh berbeda dengan nasabah.

Pelaku skimming adalah Baklanova K 33 tahun, perempuan pengangguran kewarganegaraan Ukraine. Di Bali tinggal di Villa Uluwatu Garden  Ungasan, Kuta selatan, kab. Badung.

Polisi bergasil mrngerebek pelaku dengan berhasil mengamankan barang bukti 40 kartu magnetic yang diduga berisi data nasabah bank, laptop dan berbagai alat penyamaran diri.

Atas petbuatannya pelaku disangkakan ke Pasal 30 jo pasal 46 UURI dan nomor 19 tahun 2016 tentang perubahan atas UU RI nomor 11 tahun 2008 tentang informasi dan transaksi elektronik (ITE) jo pasal 362 KUHP.

Dirreskrimum Polda Bali Kombes Pol Ari Satriyan dalan Konfrensipers mengungkapkan kronologis penangkapan:
Berdasarkan laporan Polisi  selanjutnya tim Resmob Ditreskrimum melakukan penyelidikan dan analisa CCTV, kemudian dilanjutkan dengan penelusuran alur perjalanannya mulai dari ATM pelaku menguras uang nasabah sampai ke tempat tinggal pelaku di Villa Unggasan Garden.

Selanjutnya pelaku berhasil  diamankan tanpa perlawanan. Pelaku mengakui melakukan perbuatannya dari 40 kartu magnetik tersebut di atas telah digunakan transaksi transfer lebih dari 15 kali.

Terindikasi ada mafia Internasional dibalik kejahatan skiming ini.

Data sementara kerugian
Dari dua nasabah yang sudah melapor korban mengalami kerugian sebesar rp. 325.600.000,- (tiga ratus dua puluh lima enam ratus ribu rupiah).

Tim.

971530login-checkPolda Bali Bekuk Bule Perempuan Warga Ukraine Pelaku Skiming

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *