Ananta Wahana: Apresiasi Peran BUMN Dalam Pemberdayaan Umat 

Diposting pada 14 views

Tangerang Selatan, Persindonesia.com – Anggaran negara yang termasuk dalam APBN nilainya terbatas sehingga harus dibantu melalui instrumen lainnya guna menjadi motor penggerak. Salah satunya dapat melalui badan usaha yang dimilikinya.

BUMN sejatinya merupakan motor penggerak yang luar biasa dahsyat, dengan setidaknya memiliki kekuatan sepertiga ekonomi nasional. Selain itu, infrastruktur BUMN paripurna dan tak tertandingi, di berbagai bidang dan menjangkau jaringan mancanegara hingga pelosok- pelosok daerah dan pulau-pulau terluar.

Demikian disampaikan oleh Anggota DPR RI Ananta Wahana dalam acara sosialisasi “Peran BUMN untuk Pemberdayaan Umat,” bersama perwakilan 13 Gereja di Tangerang Raya bertempat di Rumah Makan Telaga Seafood, Kota Tangerang Selatan, Minggu (26/12/2021).

“BUMN memiliki dua fungsi yakni, Fungsi Ekonomi dan Fungsi Sosial. Sesuai dengan amanat UU No. 19 tahun 2003. Salah satu bentuk Fungsi Sosial ini disalurkan melalui CSR yang menyasar sektor Pendidikan, UMKM, dan lingkungan”. Ujar Ananta Wahana.

Ia juga menjelaskan, pandemi berdampak pada setiap sendi – sendi kehidupan rakyat. Salah satunya yang terdampak adalah umat beragama.

“Kehidupan sosial masyarakat yang porak-poranda akibat Covid-19 harus perlahan dipulihkan kembali. Di sini BUMN sebagai Agen Pembangunan (Agent of Development) dapat memainkan peranan yang penting.” ungkap Ananta Wahana.

Anggota Legislatif Dapil Banten III ini, mengapresiasi langkah sejumlah BUMN yang telah menyalurkan CSR untuk membantu pembangunan sejumlah fasilitas ibadah. Contohnya, Rumah ibadah di Gading Serpong, Renovasi Rumah Biarawati di Grogol, hingga pembangunan Masjid di Madura.

Dan juga sisi Kesehatan melalui pemberian mobil Ambulance untuk Masjid, Relawan Kesehatan, Tagana dan lain – lainnya.

Menurut Ananta Wahana menambahkan, bantuan-bantuan yang diberikan, baik berupa bantuan dana atau berupa barang sangat membantu pemberdayaan umat. Misalnya bantuan terhadap pembangunan rumah Ibadah.

Selain itu, Politisi PDI Perjuangan ini mengatakan bahwa proyek pembangunan atau renovasi Rumah ibadah tidak hanya melibatkan pengurus rumah ibadah saja namun juga memperdayakan umat yang berada di sekitarnya, misalnya toko material yang ditunjuk untuk menjadi vendor proyek tersebut.

Ananta berharap, komitmen dari BUMN untuk pemberdayaan umat ini tetap terjaga, walaupun dalam masa pandemi COVID-19 ini, BUMN juga turut terdampak.

Sementara itu kepada para pengurus Gereja, Ananta Wahana mantan Anggota DPRD Provinsi Banten ini berharap, agar para pengurus rumah ibadah membuka diri untuk memanfaatkan CSR ini.

Ananta meyakinkan para pengurus agar tidak usah khawatir mengenai kepentingan politik karena pada dasarnya CSR adalah kewajiban BUMN.

“Peluang mendapatkan bantuan dari BUMN untuk pemberdayaan umat sangat luas. Sebagai anggota DPR RI saya siap memfasilitasinya,” pungkas Ananta.

Masih dalam rangkaian acara yang sama, hadir Romo Yustinus Sulistyadi yang dalam paparannya mendorong umat untuk memanfaatkan teknologi.

“Kontribusi teknologi sangat berdampak pada ekonomi.” ucap Romo Yustinus Sulistyadi. (Nur)

1000910login-checkAnanta Wahana: Apresiasi Peran BUMN Dalam Pemberdayaan Umat 

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *