Ny Putri Koster Hadiri Pengukuhan Pasikian Yowana Bali Majelis Desa Adat Se-Bali

Diposting pada 6 views

Denpasar (persindonesia.com)  – Manggala Utama Pasikian Paiketan Krama Istri Desa Adat Bali (Pakis Bali) Majelis Desa Adat Provinsi Bali Ny Putri Suastini Koster menghadiri acara pengukuhan Pasikian Yowana Bali Majelis Desa Adat tingkat kabupaten/kota serta kecamatan se -Bali yang berlangsung di Ksiraarnawa Taman Budaya, Art Center Denpasar, Minggu (26/12).

Gubernur Bali Wayan Koster dalam sambutannya yang dibacakan oleh Kepala Dinas Pemajuan Masyarakat Adat Provinsi Bali I GAK Kartika Jaya Seputra menyampaikan bahwasannya pembentukan Pasikian Yowana Bali MDA Provinsi Bali, Pasikian Yowana Bali MDA Kabupaten/Kota dan Pasikian Yowana Bali MDA Kecamatan sangat diperlukan untuk mendukung tugas Majelis Desa Adat dalam pemberdayaan Sekaa Teruna dan Yowana Desa Adat dalam bidang adat, agama, budaya, kearifan lokal, pendidikan, teknologi, kewilayahan, olahraga, kesehatan, lingkungan hidup, kreativitas, perekonomian, hukum, Kamtibmas, dan perlindungan anak di wewidangan desa adat.

“Saya turut gembira hari ini Pasikian Yowana Bali MDA Kabupaten/Kota dan Pasikian Yowana Bali MDA Kecamatan se-Bali telah dikukuhkan. Embanlah tugas dengan baik dalam
membina Yowana Desa Adat di wewidangan masing-masing dan jadilah teladan yang baik bagi semua Yowana di Bali,” katanya.

Lebih jauh dalam sambutannya, Gubernur Bali meminta agar Pasikian Yowana Bali di semua tingkatan turut mendukung dan mengimplementasikan Perda Nomor 4 Tahun 2019 tentang Desa Adat di Bali dan seluruh kebijakan-kebijakan Pemerintah Provinsi Bali dalam menjaga alam, krama, dan kebudayaan Bali seperti Pembatasan Timbulan Sampah Plastik Sekali Pakai, Pengelolaan Sampah Berbasis Sumber, Hari Pengunaan Busana Adat Bali serta Perlindungan Danau, Mata Air, Sungai dan Laut.

“Kita semua harus bersatu, satukan langkah, gerak, pikiran untuk mendukung visi Nangun Sat Kethi Loka Bali, kebijakan kebijakan strategis kita dorong implementasinya di desa adat. Bersama kita berkolaborasi, mengawal memastikan peraturan dan kebijakan terimplementasi di desa adat,” ujarnya.

Sementara itu Bendesa Agung Majelis Desa Adat Provinsi Bali Ida Penglingsir Agung Putra Sukahet dalam sambutannya menyatakan meminta para Yowana untuk tetap bersemangat bekerja untuk menjaga Bali agar budaya adat yang adiluhung tetap ajeg dan lestari berdasarkan Agama Hindu Bali, yakni Agama Hindu dresta Bali.

Pada kesempatan ini, Pengurus Pasikian Yowana Bali Majelis Desa Adat dari 9 kabupaten/ kota serta 57 kecamatan se-Bali dikukuhkan dan dilantik langsung oleh Bendesa Agung MDA Provinsi Bali Ida Penglingsir Agung Putra Sukahet.

Turut hadir pada kesempatan kali ini, Bandesa Madya Majelis Desa Adat Kabupaten/Kota se-Bali, Manggala Utama Pasikian Pacalang Bali MDA Provinsi Bali, Manggala Utama Pasikian Yowana Bali MDA Provinsi Bali, Manggala Prajuru Yowana Bali MDA Kabupaten/Kota dan Kecamatan se-Bali serta undangan lainnya.

Tim.

1000610login-checkNy Putri Koster Hadiri Pengukuhan Pasikian Yowana Bali Majelis Desa Adat Se-Bali

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *