Sarasehan Ketua Komite Madrasah Negeri Bersama Kakanwil Kemenag DKI Hasilkan Kesepakatan Baru

Diposting pada 144 views

Jakarta, Persindonesia.com
Bertempat di Aula Jayakarta, Kanwil Kementerian Agama Provinsi DKI Jakarta Jl. D.I Panjaitan No.10 Jatinegara, Cipinang Cempedak Jakarta Timur, berlansung pertemuan antara Ketua Komite Madrasah se DKI Jakarta dengan Kepala Kantor Wilayah Kementerian Agama Provinsi DKI Jakarta yang baru, Dr. H. Cecep Khairul Anwar, M.Ag, pada Kamis 30/12/2021.

Dalam pertemuan tersebut Kakanwil didampingi Kabid Pendidikan Madrasah, Drs. H. Nur Pawaiudin, MPd, Kepala Keasistenan Pemeriksaan, Ombudsman Perwakilan Jakarta Raya, Rully Amirulloh, dan Ketua Umum Forum Komunikasi Komite Sekolah dan Madrasah Nasional (FKKSMN) DR. Ir. Rudi Dwi Maryanto, MM, M.Pd.I.

Tampak hadir dalam pertemuan tersebut Ketua Komite MTsN 34, Asep Saepudin SE yang juga sebagai pengurus FKKSMN DPW DKI Jakarta.

Kakanwil Kemenag DKI Jakarta Dr. H. Cecep Khairul Anwar, M.Ag, dalam sambutan singkatnya menyampaikan dan mwmperkenalkan diri selaku Kepala Kanwil yang baru.

Cecep Khairul Anwar berharap, seluruh komite madrasah di DKI Jakarta dapat bersinergi dengan Kepala Madrasahnya untuk memajukan dan meningkatkan mutu pelayanan pendidikan Madrasah sesuai dengan amanat Peraturan Menteri Agama No.16 Tahun 2020 tentang Komite Madrasah.

Sementara Kepala Bidang Pendidikan Madrasah Nur Pawaiudin menguatkan apa yang disampaikan Kakanwil mengenai pentingnya sinergi antara Komite dan Madrasah serta Kanwil Kemenag DKI Jakarta.

“Diharapkan para Komite dapat berbagi pengalaman dalam meningkatkan mutu pelayanan pendidikan dengan Madrasah lainnya, sehingga seluruh madrasah yang berada di Wilayah DKI Jakarta dapat maju bersama dengan semangat “Bersinergi untuk Berprestasi” Ucap Nur Pawaiudin

Nada yang sama juga disampaikan oleh Rully Amirulloh, “Kepada seluruh Komite agar berpegang teguh pada aturan PMA No.16/2020 dan PP No.48/2008 tentang Pendanaan Pendidikan dalam penggalangan dana dari orang tua siswa dengan kata kunci Bantuan dan/atau Sumbangan.

Hal ini penting diingat agar upaya yang baik dari komite dalam mendukung madrasah tidak menjadi celah bagi LSM maupun oknum wartawan yang tidak bertanggungjawab,” tegasnya.

Namun demikian, Ombudsman DKI Jakarta juga siap mendampingi jika ada permasalahan seperti yang dimaksud di atas, sebagaimana yang pernah terjadi pada salah satu
Madrasah di DKI Jakarta.

Ketua Umum FKKSMN Rudi Dwi Maryanto juga menambahkan, “Sebagai Organisasi Perkumpulan Komite FKKSMN, senantiasa mendampingi dan membantu para pengurus Komite Madrasah antara lain dengan adanya Biro Hukum di kepengurusan.

Hal ini dimaksudkan apabila para Komite menghadapi permasalahan dengan hukum dalam pelaksanaan tugasnya, dapat berkonsultasi dan mendapatkan pendampingan dari FKKSMN,” Ucap Rudi menegaskan.

Dalam kesempatan ini dilakukan pula tanya jawab dan sharing session dari para Ketua Komite yang hadir.

Salah satunya adalah Ketua Komite MTsN 34, Asep Saepudin SE yang juga sebagai pengurus FKKSMN DPW DKI Jakarta, mengusulkan 2 hal.

“Pertama mengenai perlunya pertemuan rutin dengan Kanwil Kemenag agar sinergi antara Komite Madrasah dan Kanwil Kemenag berjalan dengan baik mulai tahun 2022.

Kedua, dalam pertemuan rutin tersebut diharapkan adanya kesamaan konsep dan pelaksanaan teknis melalui arahan Kanwil maupun sharing pengalaman dari Madrasah lainnya,”ujar Asep.

Lebih jelas Asep Saepudin menjelaskan,
“Misalnya konsep AD/ART, Program kerja, template laporan, acuan dalam pembuatan Rencana Anggaran Kegiatan Madrasah (RAKM), termasuk pemahaman Satuan Biaya Masukan (SBM) maupun Satuan Biaya Khusus (SBK) yang berlaku pada tahun anggaran berjalan sesuai dengan peraturan menteri keuangan,” ucapnya.

Menanggapi pertanyaan dan masukan tersebut, Kepala Bidang Pendidikan Madrasah Nur Pawaiudin menjawab dan meminta stafnya untuk memasukan dalam agenda Bidang Pendidikan Madrasah Kanwil Kemenag DKI JAKARTA untuk pertemuan rutin dua kali dalam setahun dengan komite maupun bersama-sama Kepala Madrasah dengan pembahasan sebagaimana usulan tadi dan sebagai Media Komunikasi jika ada permasalahan di lapangan.

Atas usul ini, Ombudsman perwakilan Jakarta Raya dan Ketua FKKSMN akan mendukung sebaik mungkin.

1008100login-checkSarasehan Ketua Komite Madrasah Negeri Bersama Kakanwil Kemenag DKI Hasilkan Kesepakatan Baru

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *