Obyek Wisata Desa Adat Nggela Perlu Jalan

Diposting pada 65 views

NTT (persindonesia.com) – Objek wisata Desa Adat Nggela di Desa Nggela Kecamatan Wolojita Kabupaten Ende Provinsi Nusa Tenggara Timur ( NTT) sebagai salah satu objek wisata yang sudah dikenal oleh wisatawan domestik dan mancanegara membutuhkan sarana jalan yang layak menuju ke obyek wisata ini.

Salah satu tokoh warga Nggela yang ditemui wartawan mengakui bahwa masyarakat menyayangkan potensi yang ada di Nggela tapi jalan ke lokasi rusak berat dan membutuhkan bantuan pemerintah. “Yang kami butuhkan jalan, bukan yang lain. Obyek wisata sudah dikenal wisatawan cuman jalan aja kondisinya seperti ini,” tegas Polce sambil menunjukkan kondisi jalan yang rusak berat.
Menurutnya, jalan ini sudah pernah diusulkan bahkan setiap tahun Musrenbangdes, Musrenbangcam dan Musrenbang kabupaten Ende selalu masuk prioritas namun realisasinya tidak ada, hanya janji- janji saja. Kami kecewa sebenarnya dengan janji-janji yang tidak direalisasikan pemerintah,” tegas Polce.

Bahkan sudah beberapa kali juga diukur oleh petugas yang datang ke wilayah Nggela dan dikatakan segera akan diperbaiki, tapi nyatanya tidak ada apanya.
Disebutkan potensi menurut Polce, selain ada pantai Nggela yang sudah dikenal wisatawan dan kerajinan tangan tenun ikat ada objek wisata air panas mengandung belerang AE Wau yang dapat menyembuhkan penyakit kulit.

Sumber air yang mengandung belerang ini langsung dari Gunung Kelimutu, yang ada di sebelah Utara desa Nggela. Desa Adat Nggela salah satu dari 6 Desa yang ada di kecamatan Wolojita. Jalan yang membutuhkan perbaikan sepanjang 16 km di jalur jalan Nggela menuju Desa Pora, Desa Waga, Potu, dan Wolojita.
Lebih jauh tokoh masyarakat yang lain menyebutkan penyebab gagalnya proyek perbaikan jalan sepanjang jalur menuju Nggela adalah adanya kalimat yang sering dilontarkan pejabat di Kabupaten Ende bahwa bila masyarakat yang menanyakan masalah perbaikan jalan malah pejabat tersebut menanyakan siapa wakil rakyat anda. ” Siapa anggota DPRmu, ” ujar Tokoh masyarakat yang minta namanya tidak ditulis media ini.

Jalan rusak sepanjang jalur menuju obyek wisata Nggela.

Masyarakat menyayangkan kalimat yang dilontarkan pejabat di kabupaten Ende, NTT ini koq malah balik bertanya kepada masyarakat tentang siapa wakilnya. ” Kami sudah memilih bupati dan wakil rakyat koq malah balik bertanya,’ ujarnya sambil menyebutkan apakah pak bupati dan DPR itu bukan wakil rakyat.( Ibs)

1012220login-checkObyek Wisata Desa Adat Nggela Perlu Jalan

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *