Akhirnya, Pura Jagatnatha Jembrana Segera Mempunyai Candi Pemedalan Agung

Persindonesia.com Jembrana – Akhirnya Pura Jagatnatha Kebupaten Jembrana segera mempunya pintu masuk utama atau pemedalan pura (Candi Pemedalan Agung) yang terletak di sebelah selatan pura. Sedangkan pelinggih pengayengan yang ada di tengah parkiran pura dibongkar dan di pindahkan di sebelah timur parkiran pura dan sedang menunggu keputusan pendeta hindu (Sulingging) akan ditempatkan sesuai petunjut.

Pura Jagatnatha yang teletak di sebelah timur Pemkab Jembrana sebelumnya tidak mempunya pintu masuk utama, hanya ada 2 pintu masuk disebelah selatan pura yang diperuntukkan wisata Taman Pecangakan dan itu pun tidak sesuai dengan tatanan Pura Kahyangan Jagat dikarenakan tidak mempunyai pintu masuk utama (pintu utama).

Menyongsong Pemilu 2024, PJS Gelar Dialog Politik Menakar Elektabilitas PPP

Sesuai Ide Bupati Jembrana I Nengah Tamba akhirnya tembok yang berisi patung dewi tersebut dibongkar dan dijadikan pintu masuk utama. “Disana akan dibangun pintu pemedalan Agung (Candi Pemedalan Agung. Terkait pembongkaran pura pengayatan yang ada di parkiran pura dikarenakan terlalu dekat dengan Pura Jagatnatha, itu digeser ke sebelah timur dan pintu sebelah timur itu akan ditutup. Dari depan, Pura Jagatnatha akan terlihat,” terang Bupati Jembrana I Nengah Tamba. Senin (15/8/2022)

Terkait dengan anggaran pembongkaran dan pembangunan candi pemedalan agung, Tamba mengaku untuk anggaran pihaknya sudah mengajukan pe provinsi, dan akhirnya disetujui didanai oleh BKK Provinsi Bali. “Nanti untuk peletakan batu pertama akan dilakukan oleh Bapak Gubernur pada tanggal 18 Agustus 2022 pada saat pembukaan pawai budya,” ujarnya.

Mendagri Bersama Gubernur Khofifah Berbagi 10 Juta Bendera, Kunjungi Tugu Pahlawan dan Rumah Bung Karno

Hal senada juga dikatakan Kepala Bidang Kebudayaan IB Kade Biksa mengatakan, terkait pembongkaran pengayengan itu dibongkar setelah puncak karya di Pura Jagatnatha pada tanggal 13 Agustus 2022, dikarenakan ada upacara di pura, pembongkaran diundur. “Penyawangan tersebut dibongkar dan ditempatkan di sebelah timur parkiran pura, utnuk pintu masuk disebelah timur tersebut akan ditutup sehinggan tempat keluar tamu yang berkunjung ke Taman Pecangakan ke pintu masuk sebelah barat pura,” jelasnya.

Dikarenakan tatanan sebelumnya Pura jagatnatha konsepnya tidak memiliki pintu masuk (Kori Agung Pemedalan) sehingga tembok yang berisi patung dewi itu di jebol dan patung dewi tersebut akan disimpan di putra sambil menunggu informasi selanjutnya terkait penempatan patung tersebut. “Ini Bantuan dari BKK Provinsi Bali dengan anggaran 5 miliar rupiah. untuk peletakan citak dasar nanti akan dilaksanakan oleh bapak Gubernur Bali dan bapak Kapolda Bali,” bebernya. Vlo

 

1288880login-checkAkhirnya, Pura Jagatnatha Jembrana Segera Mempunyai Candi Pemedalan Agung

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan.