Antisipasi Kebakaran Hutan dan lahan Brimob Jatim gelar Latihan Bersama di Widas Madiun

Madiun Persindonesia.com – Satbrimob Polda Jatim mengadakan latihan peningkatan kemampuan SAR dan penanganan kebakaran hutan dan lahan (Karhutla) di Wilayah Jawa Timur. Upacara pembukaan latihan gabungan TNI-Polri, BPBD dan Dinas.

Upacara tersebut dipimpin oleh Danyon A Pelopor Satbrimob Polda Jatim AKBP Dwi Warsito di Waduk Widas Kali Bening, Kecamatan Saradan Kabupaten Madiun, Rabu (28/9/2022).

Pembukaan latihan dihadiri oleh Kapolres Madiun Kota, Kapolres Madiun, Kapolres Nganjuk, Kasdim 0803/Madiun, Karumkit Nganjuk, Kepala ADM Perhutani Saradan, Kepala BPBD Kota Madiun, Kepala BPBD Kab. Madiun, Kepala Damkar Kota Madiun, Kasatpol PP Kab. Madiun dan para undangan yang hadir.

Dalam sambutannya, Danyon A Pelopor Satbrimob Polda Jatim AKBP Dwi Warsito mengatakan bahwa latihan gabungan ini untuk meningkatkan kemampuan SAR dalam mengantisipasi bencana kebakaran Hutan dan Lahan

“Latihan Gabungan TNI-Polri, BPBD dan Dinas Kehutanan ini dalam rangka antisipasi bencana serta meningkatkan kemampuan SAR dan penanganan kebakaran hutan dan lahan (Karhutla) di wilayah Jawa Timur tahun ini. Bencana alam merupakan peristiwa yang dapat datang kapan saja dan dapat mengancam serta mengganggu kehidupan masyarakat, untuk itu diperlukan kerjasama dan sinergitas antara TNI-Polri serta Instansi terkait untuk mengantisipasinya,” paparnya.

Ditempat yang sama Administratur Utama KPH Saradan menegaskan bahwa pihaknya mendukung penuh latihan gabungan ini. Menurutnya, kegiatan ini sangat penting mengingat peran SAR dalam menangani bencana sangat dibutuhkan.

“Perum Perhutani KPH Saradan sangat mendukung kegiatan ini, kemampuan SAR dan penanganan Karhutla ini sangat diperlukan. Dengan adanya latihan gabungan ini, kita dapat meningkatkan kemampuan dalam mengantisipasi bencana alam maupun terjadinya karhutla. Kedepan, bila terjadi musibah dapat diselesaikan dengan cepat, tepat dan optimal,” tegasnya.

Latihan gabungan diikuti oleh 220 personil. Terdiri dari anggota TNI, Polri (Satbrimob) Polres Madiun Kota, Polres Madiun dan Polres Nganjuk. Selain itu, latihan juga diikuti oleh BPBD Madiun, Jajaran Perhutani KPH Saradan dan Dinas Kebakaran.

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *