Demokrasi & Kekinian Warnai Munas Ikaspenix

Surabaya, Persindonesia.com,- Hajatan besar alumni SMP Negeri 9 Surabaya yaitu Musyawarah Nasional untuk melakukan pemilihan ketua umum Alumni SMP Negeri 9 Surabaya periode 2023 – 2026 dan juga penyusunan serta penetapan AD/ART 2023 organisasi Ikatan Alumni SMP Negeri 9 Surabaya dgn nama Ikaspenix, pada hari Minggu, 29 januari 2023 bertempat di Balai Pemuda Surabaya.

Dihadiri 155 alumni dari 23 angkatan, tua – muda – yunior – senior berkumpul untuk menyampaikan usulan ide Bersatu dan Bangkit dalam sebuah Ikatan Alumni SMP Negeri 9 Surabaya dengan nama Ikaspenix.

Ada 4 kandidat caketum yang bertarung program kerja dihadapan 155 alumni SMP Negeri 9 Surabaya yang hadir dari berbagai kota dan Proses tersebut diwarnai demokrasi yang sangat kental.

Acara Munas Ikaspenix diawali dengan sesi sidang penyusunan AD/ART sekaligus meminta persetujuan alumni melalui perwakilan Angkatan untuk menetapkan AD/ART Organisasi Alumni Ikaspenix sebagai aturan utama dalam menjalankan roda organisasi. Sesi kedua adalah sidang pemilihan ketum Ikaspenix, diawali dengan paparan 4 caketum yang menyajikan program kerja dan pemahamannya tentang bagaimana memimpin dan mengelola potensi alumni menjadi lebih bermanfaat bagi sesama alumni, almamater serta masyarakat dan negara.

Sistem pemilihan ketum Ikaspenix terbilang sangat istimewa kali ini karena menggunakan system digital, dimana 2 wakil tiap Angkatan yang sudah mendaftarkan diri melalui email SC/OC (Panitia) sebagai pemegang hak suara pilih Angkatan (Voter).

Ada 23 angkatan yang menyalurkan hak pilihannya dgn prinsip Langsung, Bebas dan Terbuka. Semua pilihan Angkatan dapat dimonitor dan diawasi secara realtime oleh semua alumni yang hadir di ruang sidang Munas Ikaspenix ini. Azas Keterbukaan dan Demokrasi sangat menjadi Prinsip dalam gelaran munas alumni SMP Negeri 9 surabaya kali ini.

Pada akhirnya telah terpilih cak Yudhi Priyo Utomo Angkatan 92 menjadi Ketum Ikaspenix baru untuk masa bakti 2023 – 2026 dengan skor 62,3 % dan unggul dari 3 kandidat Caketum lainnya ( cak Christadi 77, cak Hamzah 94, cak Adi 95).

Semua alumni yang hadir termasuk kandidat Caketum dapat menerima hasil MUNAS Alumni dengan gembira suka cita dan penuh legowo, karena satu hal bahwa semua proses penyelenggaraan Munas Alumni sejak disiapkan 28 hari sebelumnya selalu rutin diberitakan ke alumni secara terbuka mulai proses pendaftaran bacalon ketum, pendaftaran 2 Voter wakil Angkatan, pendaftaran peserta peninjau semua dilakukan dengan sangat terbuka transparan melalui media online yaitu email, Media Sosial, dan Whatsapp grup tiap Angkatan.

Perhelatan Munas Alumni SMP Negeri 9 Surabaya dimulai pukul 08.00 hingga 17.00 wib. Satu hal lagi yang sangat menarik bahwa Munas telah memilih 20 alumni yang duduk sebagai Anggota Dewan Pertimbangan Ikaspenix, dewan ini bertugas memberi pertimbangan dan mengawasi kinerja Ketua Umum dan kepengurusan Ikaspenix periode 2023 – 2026.

Selamat Bertugas Ketum Ikaspenix yang Baru yaitu Cak Yudhi Priyo angkatan 92 utk memilih para pengurusnya. Semoga dapat terus menjalankan Amanah dari para Alumni SMP Negeri 9 Surabaya dgn baik. (Red- Christ/mpisby)

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *