Gayung Bersambut, Ratusan WBP Terima RK Natal Tahun 2023

Bangli-PersIndonesia.Com| Bak Gayung bersambut Ratusan Warga Binaa Pemasyarakatan (WBP) Nasrani di Bali menerima Remisi Khusus (RK) Natal tahun 2023. Acara Pemberian Remisi secara serentak digelar di Lapas Narkotika (Lapastik) IIA Bangli, Senin (25/12/2023).

Hadir dalam acara pemberian Remisi Khusus Natal, Kakanwil Kemenkumham Bali, Romi Yudianto, Kadiv Pemasyarakatan Bali I Putu Murdiana, Kepala Lapastik Bangli Marulye Simbolon, Seluruh KUPT Pemasyarakatan Se Bali dan WBP Lapastik IIA Bangli.

Kakanwil Kemenkumham Bali, Romi Yudianto menyampaikan ada sebanyak 335 Warga Binaan di Lembaga Pemasyarakatan dan Rumah Tahanan Negara di Bali menerima remisi khusus Hari Raya Natal tahun 2023.

Pemberian Remisi ini bukan semata-mata pemberian yang cuma-cuma diberikan oleh Negara, tetapi merupakan sebuah bentuk apresiasi dan penghargaan bagi WBP yang telah bersungguh-sungguh mengikuti program pembinaan yang diselenggarakan. Penyerahan RK hari Raya Natal Tahun 2023 ini adalah suatu hak WBP yang diberikan oleh Negara bagi yang telah memenuhi syarat atau berperilaku baik.

“Tentunya Remisi ini diberikan kepada WBP yang sudah memenuhi kriteria dan ketentuan sebagaimana yang telah diatur dalam Undang – Undang No. 22 tahun 2022 Tentang Pemasyarakatan”, ujar Romi.

Dari total ratusan remisi yang diberikan terseber pada Lapas, Rutan dan LPKA yang ada diseluruh Bali, dengan rincian Lapas Kelas IIA Kerobokan sebanyak 125 orang, Lapas Perempuan Kelas IIA Kerobokan sebanyak 18, Lapas Narkotika Kelas IIA Bangli sebanyak 102 orang, Lapas Kelas IIB Karangasem 13 orang, Lapas Kelas IIB Tabanan 10 orang, Lapas Kelas IIB Singaraja sebanyak 6 orang.

Sementara untuk Rumah Tahanan Negara (Rutan) terdiri dari, Rutan Kelas IIB Klungkung sebanyak 8 orang, Rutan Kelas IIB Bangli sebanyak 32 orang, Rutan Kelas IIB Gianyar sebanyak 8 orang, Rutan Kelas IIB Negara sebanyak 9 orang dan LPKA Kelas II Karangasem sebanyak 4 orang WBP.

“Dari total yang menerima remisi, 35 orang WBP adalah merupakan Warga Negara Asing (WNA)”, rinci Kakanwil Kemenkumham Bali, Romi Yudianto.

Sementara itu Kepala Divisi Pemasyarakatan (Kadivpas) Bali, I Putu Murdiana menambahkan isi Rutan, Lapas dan LKPA seluruh Bali berjumlah 3.939 orang WBP dengan rincian Tahanan sebanyak 650 orang dan Narapidana sebanyak 3 289 orang. Dan yang beragama Kristen total sebanyak 450 orang.

Dan berdasarkan keputusan pemberian Remisi Khusus (RK) Natal tahun 2023 ini berjumlah 335 orang Warga Binaan Pemasyarakatan. Dari total keseluruhan tersebut terdiri dari RK II dan RK I.

“Adapun RK II sebanyak 330 orang tahanan dan untuk RK I sebanyak 5 orang di hari Natal tahun ini”, imbuhnya.

Sejalan dengan itu Kepala Lapastik Bangli, Marulye Simbolon mengatakan untuk di Lapas Narkotika IIA Bangli sendiri total penerima RK Natal sebanyak 102 orang dari pengajuan sebelumnya sebanyak 109 orang.

Untuk RK II langsung bebas tidak ada, karena semuanya masih menjalani masa hukumanya beberapa bulan lagi. Ada 1 orang WBP asal Negara Amerika memperoleh RK II langsung bebas, karena harus menjalani hukuman subsidernya tidak dapat bebas.

“Sebenarnya WNA asal Amerika tersebut bebas hari ini, tetapi hukuman subsider pengganti dendanya sampai bulan Perbuari. Jadi RK II langsung bebas tidak dapat diberikan”, ungkapnya.

Acara pemberian Remisi ditandai dengan penyerahan secara simbolis surat Keputusan Remisi dari Kanwilkemenkumham Bali kepada WBP. Sebelumnya acara diisi dengan persembahyangan bersama WBP beragama Kristen Lapastik Bangli.

“Saya sangat mengapresiasi atas kepercayaan yang telah diberikan Lapastik Bangli sebagai tempat penyelenggaran pemberian Remisi se Bali dan penyelenggaraan acara besar lainnya dilingkungan Pemasyarakatan Kemenkumham”, pungkasnya. (GS)

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *