Meriahnya Lomba Masak Ikan di Muncar Banyuwangi Bersama Pilar 08

Banyuwangi, Persindonesia.com – Pilar 08 merupakan organisasi kemasyarakatan yang didirikan oleh beberapa alumni HIPMI (Himpunan Pengusaha Muda Indonesia) yang berasal dari Jawa Timur, seperti Afan Anugroho, Lucky Koeswardana, Arrianto Burhan Makka, Rano Wiharta, Ferry Susanto Mulyono dan beberapa aktivis seperti Kanisius Karyadi dan sebagainya.

Hari Senin 8 Januari 2024, Pengurus Pusat Pilar 08 dan Pengurus Pilar 08 Kabupaten Banyuwangi membantu masyarakat nelayan yang berada Muncar Banyuwangi.

Pilar 08 memfasilitasi warga masyarakat dengan Wakil Gubernur Jawa Timur dalam mengolah hasil tangkapan ikan tongkol dan ikan layang yang melimpah ruah di Muncar Banyuwangi.

Wakil Gubernur Jawa Timur Emil Elestianto Dardak, hadir ketengah tengah masyarakat nelayan di Muncar Banyuwangi, mendengar keluhan nelayan terkait sepinya hasil tangkapan dan banyak keluhan lainnya.

Selain itu Wagub menyempatkan mencicipi hasil karya masakan ibu- ibu nelayan.

Dalam event lomba memasak ikan di lapangan Untung Suropati Tembokrejo, Muncar, Banyuwangi ini salah satu upaya mengolah dan memanfaatkan ikan tongkol dan Ikan layang menjadi bisa bermanfaat. Dengan varian menu cita masakan beraneka variasi.

Selain itu upaya untuk memompa semangat warga Muncar semakin produktif mengolah hasil tangkapan ikan.

Pilar 08 membantu pengusaha lokal dan warga masyarakat dan pejabat pemerintah terkait bahu membahu mengolah bahan ikan sebagai produk pangan yang bisa menjadi komoditi ekonomi.

Pengolahan ikan ini sebagai wujud pemberdayaan ekonomi rakyat dan lokal Muncar lebih baik dan maju.

Ini mendorong misi kedaulatan pangan sektor perikanan dan kelautan, menjadi salah satu pilar pembangunan ekonomi Masyarakat lokal, Banyuwangi dan Indonesia.

Kedaulatan pangan di sektor perikanan dan kelautan perlu ditingkatkan dalam rangka memenuhi kebutuhan dalam negeri sendiri dan kebutuhan ekspor.

Dengan tujuan mulia ini, ekonomi nelayan dan masyarakat, pelaku usaha bisa lebih berkembang dan maju.

Pilar 08 berkomitmen dan membantu menemukan jalan keluar terkait hal ini. Ikan ikan itu bisa diolah sebagai bahan krupuk dan abon dan bahan pangan lainnya. Yang tak kalah penting, sebagai oleh oleh (buah tangan) khas Banyuwangi dan Jawa Timur.

Selain itu, Pilar 08 menjembatani berbagai macam pemangku kepentingan terkait untuk intensif dalam. Penelitian pengembangan.

Hal yang tak kalah penting adalah pembinaan warga nelayan dan kelompok usaha untuk bisa melaksanakan program pengembangan ekonomi nelayan di Muncar Banyuwangi ini.

Masyarakat Muncar Juga dihibur dengan penampilan artis top Jawa Timur seperti Wandra , Vita Alvia, Fitri Tamara, Dini Kurnia, Mema Zaskia dengan berbagai macam hadiah door prize.

(Nusul)

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *