Personil Brimob Sumut Bersama Masyarakat Evakuasi Tanah Longsor di Desa Onowaembo

Persindonesia.com Gunungsitoli, Sat Brimob Polda Sumut ||* Personil Kompi 4 Batalyon C Pelopor Sat Brimob Polda Sumut bersama Polres Nias dan masyarakat membantu proses evakuasi tanah longsor di Dusun I Desa Onowaembo Kecamatan Gunungsitoli Kota Gunungsitoli, Rabu (17/01/2024).

Longsor yang diakibatkan intensitas curah hujan tinggi, sehingga membuat pohon dan material tanah lainnya menutupi jalan desa akibat tertimbun material longsor. Tim SAR Brimob Sumut yang mendapat informasi tersebut langsung menuju ke lokasi terjadinya tanah longsor dan bergegas untuk membersihkan jalan agar bisa dilalui.

Wakil Komandan Kompi 4 Batalyon C Pelopor Sat Brimob Polda Sumut Iptu Binner Sitorus, S.H yang memimpin Tim SAR menjelaskan, Satuan Brimob Polda Sumut dalam melakukan evakuasi tanah longsor mengirimkan sejumlah personel ke lokasi untuk membantu masyarakat dalam membersihkan material tanah yang menutupi badan jalan.

“Evakuasi dilakukan secara manual untuk menyingkirkan longsoran tanah dan batu dengan menggunakan sekop dan cangkul menunggu alat berat excavator sampai di lokasi untuk membersihkan jalan sehingga dapat diakses kembali. Selain itu pohon yang tumbang di jalan dipangkas dengan Chainsaw” Ujar Iptu Binner.

Personil Sat Brimob Polda Sumut menghimbau pengendara agar selalu berhati hati dalam berkendara di musim penghujan dan mengajak masyarakat untuk bersama sama mencegah bencana longsor dengan tidak menebang pohon sembarangan.

“Kami berharap masyarakat mewaspadai curah hujan tinggi yang mengakibatkan tanah longsor terutama warga yang bermukim di daerah rawan dan tetap berhati-hati saat melintasi di jalur evakuasi” ucap Iptu Binner.

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *