Polres Jembrana Petakan 4 TPS Kategori Sangat Rawan di Pemilu 2024

JEMBRANA, Persindonesia.com – Polres Jembrana telah memetakan empat tempat pemungutan suara (TPS) yang dikategorikan sangat rawan dalam Pemilu 2024. Pengamanan di TPS-TPS tersebut akan diperketat dengan penjagaan lebih banyak personel.

“Di wilayah hukum Polres Jembrana ada 898 TPS, di mana 4 TPS kami kategorikan sangat rawan,” kata Kapolres Jembrana AKBP Endang Tri Purwanto, Rabu (7/2/2024).

Ia mengaku, keempat TPS tersebut berada di tiga kecamatan diantaranya, Kecamatan Pekutatan 3 TPS. “TPS ini karena letak geografis yang sering terjadi bencana alam dan wilayahnya sebagian masuk Kabupaten Tabanan dan Buleleng,” jelasnya.

Yang terkahir, imbuh Tri, di Kelurahan Loloan Timur sebanyak 1 TPS. TPS tersebut pada pemilu yang lalu sempat terjadi kekisruhan yang menyebabkan pemungutan suara ulang. kerawanan di keempat TPS tersebut disebabkan oleh faktor geografis. “Bulan Februari di Jembrana masih turun hujan dan ini yang membuat sangat rawan,” ujarnya.

Untuk pengamanan, kata Tri, Polres Jembrana akan menerjunkan 414 personel, yang terdiri dari 404 personel dari Polres Jembrana dan 10 personel BKO dari Polda Bali. Pengamanan di tiap TPS akan disesuaikan dengan tingkat kerawanannya.

“Untuk wilayah yang kurang rawan kita menempatkan 2 personil untuk di 6 TPS. Sedangkan yang wilayah rawan kita menempatkan 2 personel untuk 2 TPS. Untuk TPS sangat rawan ditempatkan 2 personel untuk 1 TPS dibantu dengan Linmas, anggota TNI, dan Pecalang di masing-masing desa/kelurahan,” terangnya.

Sementara Patmawil Polda Bali Kombes Pol I Nyoman Sukena, menambahkan bahwa pihaknya telah mengantisipasi berbagai kemungkinan yang terjadi. “Anggota sudah siap semua. Kalau saya lihat di sini, TPS rawan itu hanya masalah geografis saja. Belum terlihat rawan dalam hal lain,” kata Kombes Sukena.

Diketahui, di Kabupaten Jembrana sendiri, terdapat 243.796 pemilih, di mana 120.395 laki-laki dan 123.401 perempuan. (id)

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *