Menyambut Hari Raya Waisak, Personil Polsek Denbar Jaga Upacara Puja Bakti Pattidana

Denpasar – Dalam rangka menjaga kondusifitas dan memastikan kelancaran pelaksanaan upacara Puja Bakti Pattidana yang merupakan bagian penting dari tradisi sembahyang leluhur dalam rangka menyambut Hari Raya Waisak 2568 BE / 2024 M, personel Kepolisian Sektor Denpasar Barat (Polsek Denbar) telah mengambil langkah-langkah proaktif dengan melaksanakan tugas pengamanan di Vihara Buddha Sakyamuni, jalan Padang Udayana Denpasar, Minggu (19/5/2024) pagi.

Upacara Pattidana adalah sebuah ritual keagamaan yang dijalankan oleh masyarakat setempat khususnya umat Buddha dengan penuh penghormatan dan keyakinan. Dalam upacara ini, mereka berkomunikasi dengan leluhur mereka dan mengenang serta mendoakan roh para leluhur. Kegiatan ini merupakan bagian tak terpisahkan dari warisan budaya dan spiritual yang harus dijaga dan dilestarikan.

Kehadiran personel dari Polsek Denbar yang dipimpin Perwira Pengendali Pengamanan (Padal Pam) Ipda I Wayan Sudima, adalah dalam rangka memberikan pelayanan pengamanan acara ini dan bagian dari tanggung jawab sebagai personil Polri untuk menjaga keamanan serta ketertiban masyarakat.

“Selain menjaga aspek keamanan, Polsek Denbar telah ikut serta berperan dalam menjaga nilai-nilai toleransi dan kerukunan antara gama. Upacara sembahyang leluhur ini menjadi ajang untuk memperkuat hubungan antara umat Buddha dengan warga yang memiliki latar belakang keagamaan yang beragam. Melalui kerjasama antara pihak berwenang dan masyarakat, diharapkan dapat terus terjaga harmoni dan perdamaian di wilayah kecamatan Denpasar Barat”, ucap Ipda Sudima.

Dengan sigap dan penuh dedikasi, Padal Pam bersama personil yang tersprin pengamanan memastikan bahwa upacara Puja Bakti Pattidana berjalan dengan aman, tertib dan lancar, sehingga semua peserta dapat melaksanakan sembahyang leluhur mereka tanpa adanya gangguan atau ketidaknyamanan.

Ditemui di tempat terpisah Kapolsek Denbar Komisaris Polisi I Gusti Agung Made Ari Herawan, S. IK., menjelaskan bahwa pihaknya memiliki peran dalam mendukung pelaksanaan upacara Puja Bakti Pattidana ini dengan mengamankan acara tersebut.

“Kepolisian khususnya Polsek Denbar berkomitmen untuk memastikan bahwa upacara tersebut berjalan dengan aman, tertib, dan kondusif sehingga peserta dapat melaksanakannya tanpa gangguan atau ketidaknyamanan”, ucapnya.

Selain itu, Kapolsek Denbar juga menggaris bawahi pentingnya toleransi antar agama dan kerukunan di wilayahnya.

“Puja Bakti Pattidana adalah contoh konkret dari keragaman keagamaan yang ada dalam masyarakat, dan upacara ini menjadi ajang untuk memperkuat hubungan antar warga masyarakat yang memiliki latar belakang keagamaan yang beragam. Melalui kegiatan pengaman ini kami ikut berperan dalam menjaga nilai-nilai toleransi dan gotong royong, sehingga semua warga dapat menjalankan kepercayaan dan keyakinan mereka dengan damai”, imbuh Kapolsek.

zln

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *