Wujudkan Desa Bukian Bersinar, BNNK Gianyar Tes Urine Catin dan Perangkat Desa

Gianyar, PersIndonesia.Com- Dalam rangka mewujudkan desa Bersih Narkoba (Bersinar) dan melakukan Pencegahan dan Pemberantasan Penyalahgunaan dan Peredaran Gelap Narkotika (P4GN) Desa Bukian dan BNNK Gianyar lakukan tes urine terhadap Calon Pengantin (Catin) dan Perangkat Desa Bukian.

Selain melakukan tes urine kegiatan yang berlangsung di Kantor Desa Bukian, Kecamatan Payangan, Kabupaten Gianyar, pada Jumat (14/6/2024) juga dilaksanakan cek kesehatan gratis untuk muda mudi dan Lansia.

Baca Juga : Ditinggal ke Sawah Rumah Terbakar di Medewi, Kerugian Puluhan Juta Rupiah

Diketahui pemeriksaan urine dilakukan terhadap sebanyak 47 orang terdiri dari Catin dan Perangkat Desa dengan hasi pemeriksaan negatif (tidak ada terindikasi penyalahgunaan Narkotika).

Kepala Desa Bukian, I Made Junarta menyampaikan apresiasi dan ucapan terima kasih untuk BNNK Gianyar, karena telah bersedia bersinergi dan membantu Desa Bukian untuk menyukseskan pelaksanaan kegiatan tes urine ini.

Kegiatan ini merupakan bentuk dari realisasi Perarem Desa Adat Bukian yang berkaitan dengan P4GN. Dimana calon pengantin wajib mengikuti tes urine.

Hal ini dilakukan untuk memastikan calon pengantin bebas dari penyalahgunaan Narkotika dan merupakan salah satu persyaratan bagi pasangan pengantin menuju ke jenjang pernikahan.

“Dan Desa Bukian terus berkomitmen untuk menjadi Desa yang Bersinar”, ujarnya.

Baca Juga : Wayan Puspa Negara,”Awas ! Bali the Lost Paradise atau The Last Paradise?”

Sementara Kepala BNN Kabupaten Gianyar, AKBP I Gusti Agung Alit Adnyana menyatakan kegiatan ini akan memberikan manfaat yang positif bagi pasangan calon pengantin kedepannya.

Dan kegiatan ini juga merupakan salah bentuk deteksi dini terhadap penyalahgunaan Narkotika.

“Bahaya penyalahgunaan Narkotika selain dapat membahyakan diri sendiri juga berdampak bagi keluarga dan lingkungan sekitar”, ujarnya.

Pihaknya berharap agar kegiatan seperti ini bisa di tiru oleh Desa-Desa yang lainnya di Kabupaten Gianyar. Sebab permasalahan Narkotika secara Extraordinary Crime perlu dilakukan terobosan dalam penangananya.

Dan dalam pelaksanaanya membutuhkan sinergi semua elemen yang ada, baik masyarakat, stakeholder yang ada dan juga Instansi-Instansi terkait lainnya.

“Sehingga dapat mewujudkan Kabupaten Gianyar Bersinar”, tandasnya. (DG)

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *