Bakti Sosial dan Bakti Kesehatan Peduli Stunting Dalam Rangka Reuni Akbar Ke-30 AKABRI ’94’

Persindonesia.com Pontianak, TNI AL. Bertempat di Rumah Sakit Bhayangkara, Komandan Lantamal XII Laksamana Pertama TNI Avianto Rooswirawan didampingi Ketua Korcab XII DJA 1 Ny. Sari Avianto menghadiri kegiatan bakti sosial dan bakti kesehatan peduli Stunting dalam rangka Reuni Akbar Ke-30 AKABRI ’94. Jl. Karel Satsuit Tubun No.14, Pontianak, Kalimantan Barat, Sabtu (15/06/2024).

Pada kesempatan tersebut Kapolda Kalbar Irjen Pol Pipit Rismanto menyampaikan bahwa dalam beberapa bulan kedepan, alumni angkatan ‘94’ berencana akan menjalankan /mengembangkan program-program yang dapat membantu masyarakat Kalimantan Barat seperti adanya tempat air minum bersih, kampung maju dan kegiatan sosial lainnya.

Stunting merupakan masalah yang cukup serius didunia kesehatan yang telah terjadi secara global selama beberapa dekade, dan diperkirakan Stunting telah terjadi pada lebih dari 30.938 anak usia balita di Kalimantan Barat.

Stunting tidak hanya berdampak pada pertumbuhan tinggi badan, tetapi juga berdampak gangguan pada perkembangan otak dan sistem kekebalan tubuh anak, selain itu dampak lebih lanjut, anak dapat mengalami gangguan kecerdasan, rentan dari penyakit, dan nantinya berisiko terhadap tingkat produktivitasnya.

Lanjutnya, di Indonesia, program penanganan Stunting masih menjadi fokus bersama pemerintah, angka Stunting di Indonesia pada tahun 2023 tercatat sebesar 21,5 %, hanya turun 0,1 % dari tahun sebelumnya.

“Sementara target pemerintah menurunkan angka Stunting sampai 14 % ditahun 2024 dan oleh karena itu, masalah Stunting penting untuk diselesaikan, karena berpotensi mengganggu Sumber Daya Manusia dan masa depan anak bangsa”.pungkasnya.

Setelah acara sambutan Kapolda, kegiatan dilanjutkan dengan penyerahan bansos secara simbolis dan foto bersama.

Turut hadir pada kegiatan tersebut Wakapolda Kalbar Brigjen Pol Roma Hutajulu, Kapendam Kolonel Inf Ade Rizal Mutaram, Irwasda Polda Kalbar Kombes Pol Sigit Jatmiko, Sahli Omp Kolonel Inf Heru Kamjoro Pribadi, Dandenma Dam Kolonel Czi Indra Prakasa Sembiring, Para PJU Polda Prov. Kalbar, Para Istri Alumni Akabri “94” dan masyarakat didaerah sekitar. (Dispen Lantamal XII).

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *