Ditandai Pemkulan Kul-Kul, AHY Secara Resmi Buka PKB ke-46

Denpasar,PersIndonesia.Com- Pesta Kesenian Bali (PKB) yang merupakan wadah bagi para seniman Bali dalam upaya mendukung program Pemerintah untuk penggalian, pelestarian dan pengembangan nilai-nilai seni budaya Bali secara resmi di buka.

PKB yang ke-46 di tahun 2024 ini secara resmi dibuka oleh Menteri Agraria dan Tata Ruang/Kepala Badan Pertanahan Nasional (ATR/BPN) Agus Harimurti Yudhoyono (AHY) ditandai pemukulan Kul Kul bertempat di Areal Monumen Perjuangan Bajra Sandi Denpasar, Sabtu (15/6).

Baca Juga : Panglima TNI Kunjungan ke MUI Bahas Masalah Keagamaan dan Palestina

Acara pembukaan dihadiri juga oleh Menteri Pemberdayaan Perempuan dan Perlindungan Anak (PPPA) Bintang Puspayoga, Wakil Menteri Pariwisata dan Ekonomi Kreatif (Wamenparekraf) Angela Tanoesoedibjo, Penjabat (Pj) Gubernur Bali Sang Made Mahendra Jaya, Kepala Divisi Pelayanan Hukum dan HAM Kanwil Kemenkumham Bali Alexander Palti, beberapa jajaran Pemerintah Bali, tokoh masyarakat, serta Seniman.

Pada kesempatan tersebut Agus Harimurti Yudhoyono menyampaikan apresiasinya atas pelaksanaan PKB sebagai bentuk pelestarian seni dan budaya lokal. Menurutnya penyelenggaraan PKB ini merupakan event tahunan yang telah menjadi Pesta Rakyat di Bali sejak 1979.

PKB selain diikuti oleh seluruh Kabupaten/Kota Se Bali juga diikuti dari berbagai Daerah di Indonesia, dan bahkan berbagai Negara di dunia,” ujarnya.

AHY juga menyampaikan pelaksanaan PKB ini merupakan wujud penegakan jati diri ditengah banyaknya gempuran budaya asing yang masuk ke Bali.

Dengan mengusung tema Seni Budaya sendiri, bahwa kita telah menegakkan jati diri kita.

“Karena meskipun Bali kaya akan masuknya budaya asing, budaya sendiri tidak lekang oleh waktu dan zaman,” terangnya.

Baca Juga : Polres Metro Depok Ringkus Tiga Pelaku yang Menewaskan Korban Tawuran SMP

Kegiatan yang rutin diadakan setiap tahunnya ini akan berlangsung dari tanggal 15 hingga 13 Juli 2024 dengan menghadirkan pentas seni dan budaya serta pameran budaya.

Foto: Pemukulan kul kul menandai pembukaan PKB ke-46. Dok (*)

Sementara Kepala Divisi Pelayanan Hukum dan HAM Kanwil Kemenkumham Bali Alexander Palti, mengatakan kehadirannya merupakan bentuk komitmen Kanwil Kemenkumham Bali dalam mendukung pelestarian seni dan budaya Bali.

Sesuai tema yang diusung pada PKB tahun ini adalah ‘Jana Kerthi Paramaguna Wikrama’ yang berarti harkat martabat manusia unggul.

“Sehingga seni dan budaya Bali yang merupakan warisan budaya bangsa harus dijaga dan dilestarikan”, tandasnya. (DD)

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *