Puluhan Kantong Darah Terkumpul dari Bakti Kesehatan Donor Darah HUT Polwan Polres Jepara

Persindonesia.com Jepara, Polres Jepara – Polda Jateng – Menyambut Hari Ulang Tahun (HUT) Polisi Wanita Ke-75 tahun 2023, Polwan Polres Jepara bekerja sama dengan Palang Merah Indonesia (PMI) Kabupaten Jepara melaksanakan kegiatan Bakti Kesehatan berupa donor darah, Rabu (9/8/2023).

Kegiatan yang dilaksanakan di Aula Bhayangkari Polres Jepara ini diikuti oleh Pejabat Utama Polres Jepara, Perwakian Bag/Sat/Si dan Polsek Jajaran serta Perwakilan Bhayangkari Cabang Jepara.

Saat ditemui, Kapolres Jepara AKBP Wahyu Nugroho Setyawan melalui Kapolsek Tahunan AKP Sri Retno Biyanti selaku Senior Polwan Polres Jepara mengatakan, bahwa bakti kesehatan donor darah ini merupakan rangkaian kegiatan dalam rangka HUT Polwan ke-75, yang jatuh pada tanggal 1 September 2023 mendatang.

“Kami Polwan Polres Jepara bersama instansi terkait menggelar donor darah di Aula Bhayangkari Polres Jepara, dimana hasil dari donor darah ini akan disimpan di PMI Kabupaten Jepara untuk selanjutnya dipersiapkan bagi warga masyarakat yang membutuhkan”, ungkap AKP Retno.

Untuk diketahui, jumlah peserta donor darah sebanyak 100 orang namun peserta yang layak donor sebanyak 82 orang.

Ditambahkan Kapolsek Tahunan mengatakan, dengan mengusung tema Polri Presisi Untuk Negeri, Polwan Siap Mendukung Pemilu Damai Menuju Indonesia Maju, diharapkan nantinya dapat berguna bagi masyarakat.

“Polri selalu komitmen memberikan pelayanan dan pengabdian terbaik bagi masyarakat,” kata AKP Retno.

Ia berharap aksi kemanusiaan ini dapat bermanfaat bagi pendonor, dan tentunya untuk masyarakat yang membutuhkan darah.

“Semoga kegiatan yg dilaksanakan hari ini dapat bermanfaat untuk masyarakat dan mendapat berkah dari Allah SWT,” harapnya.

Sementara itu, Kasubsipenmas Sihumas Polres Jepara Ipda Basirun menambahkan, bahwa rangkaian kegiatan sosial yang dilaksanakan oleh Polwan Polres Jepara saat ini adalah Bakti Kesehatan berupa donor darah.

Hal ini dilakukan untuk membantu masyarakat yang berstatus sebagai pasien jika mengalami kekurangan darah. Kegiatan ini juga memiliki makna ‘Polwan Polres Jepara selalu ada di hati masyarakat dan selalu siap melayani masyarakat’.

“Rangkaian kegiatan diawali dengan melakukan registrasi oleh peserta donor darah, dilanjutkan dengan pengecekan kondisi awal oleh Tim kedokteran dan kesehatan Polres Jepara, kemudian dilakukan pengambilan darah oleh tim PMI Kabupaten Jepara. Dari 100 peserta donor, 18 orang tidak memenuhi syarat karena alasan kesehatan. Sedangkan 82 orang yang berhasil diambil darahnya adalah darah golongan A sebanyak 13 orang, darah golongan B sebanyak 15 orang, darah golongan O sebanyak 45 orang dan darah golongan AB sebanyak 9 orang,” ungkap Ipda Basirun.

(Khnz)

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *