Jaga Silaturahmi dan Kondusifitas Wilayah, Kodim 1617 Jembrana Gelar Kegiatan Pembinaan Kerukunan Antar Umat Beragama

Persindonesia.com Jembrana – Dalam rangka membina serta meningkatkan tali silaturahmi antar umat beragama, Komando Distrik Militer (Kodim) 1617 Jembrana menggelar kegiatan Pembinaan Kerukunan Umat Beragama yang di selenggarakan bertempat di Makodim 1617 Jembrana Jalan Gusti Ngurai Rai, Jembrana, Rabu (29/09/2021).

Kegiatan yang dihadiri Keluarga Besar TNI (KBT), Tokoh Lintas Agama, Tokoh Adat serta tokoh Pemuda Kabupaten Jembrana mengusung tema “Mewujudkan Binter TNI AD Yang Adaptif Melalui Kegiatan Pembinaan Kerukunan Umat Beragama Guna Mencegah Konflik Antar Umat Beragama Serta Menjaga Kesatuan dan Persatuan Bangsa

Letkol Inf Hasrifuddin Haruna, S.Sos selaku Dandim 1617 Jembrana dalam sambutannya mengatakan bahwa Indonesia adalah Negara yang memiliki Kebhinekaan dari Suku, Budaya, Adat Istiadat sampai dengan Agama. Kebhinekaan inilah yang menjadi pemersatu bangsa dimana Indonesia memiliki beragam Agama yang di akui pemerintah serta hak asasi manusia terutama Kemerdekaan dalam menganut agama dan kepercayaan yang telah di jamin Pemerintah di dalam Undang undang, untuk itu seluruh warga Negara harus hidup berdampingan demi menjaga kerukunan antar umat beragama.

 

“Sesuai dengan Undang Undang Negara Republik Indonesia tahun 1946 Bab XI tentang agama pada ayat 1 Negara berdasarkan atas Ketuhanan Yang Maha Esa dan pada ayat 2 Negara menjamin Kemerdekaan masing masing dan beribadat menurut Agama dan Kepercayaannya itu,” Tegas Dandim Haruna.

Dandim Haruna menambahkan di era Digital saat ini menjadi penyebab salah satu konflik antar agama dengan berbagai ujaran kebencian dan penistaan agama sehingga itu dapat berpotensi sebagai ancaman yang dapat memecah belah kerukunan antar umat beragama untuk itu perlu adanya suatu upaya untuk membina dan dimasa ini sudah sering terjadi konflik sosial antar umat beragama yang ada di masyarakat baik konflik penistaan agama dan ujaran kebencian yang dilakukan oleh oknum yang tidak bertanggung jawab.

“Untuk itu selaku Dandim 1617 Jembrana saya berharap seluruh komponen masyarakat Jembrana agar senantiasa waspada terhadap sekelompok orang yang ingin mengganggu solidaritas kerukunan umat beragama,” Pungkasnya.

Di akhir sambutannya Dandim, mengajak seluruh tokoh lintas agama, tokoh masyarakat dan semua tamu yang hadir untuk sama-sama menjadi motor penggerak dalam menghadapi Pandemi Covid 19, penerapan Protkes 3M dan Vaksinasi adalah hal mutlak yg harus dilaksanakan semua masyarakat jika ingin Jembrana segera terbebas dari Pandemi Covid 19.

Di akhir acara Letkol Inf Hasrifuddin Haruna, S.Sos selaku Dandim 1617 Jembrana memberikan paket sembako secara simbolis kepada para tokoh yang hadir dalam kegiatan tersebut.(Pendim/Red)

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *