LPKA Pangkalpinang Bersinergi Dengan Puskesmas Tamansari Cek Kesehatan Andikpas

Persindonesia.com Pangkalpinang – Jajaran Kanwil Kemenkumham Kepulauan Bangka Belitung melalui Lembaga Pembinaan Khusus Anak (LPKA) Kelas II Pangkalpinang,Sabtu 02/04/2022 kembali melakukan pemeriksaan kesehatan dan pengobatan rutin setiap bulan serta skrining kesehatan mental remaja bagi tahanan baru. Kegiatan ini dilakukan dengan melibatkan tim kesehatan Pukesmas Taman Sari Kota Pangkalpinang.

Pada kesempatan kali ini Kepala LPKA Kelas II Pangkalpinang, Nanang Rukmana mengucapkan terimakasih banyak kepada Dinas Kesehatan Kota Pangkalpinang, khususnya Puskesmas Taman Sari yang telah bersinergi dengan LPKA Pangkalpinang sehingga terkait pelayanan kesehatan dan pengobatan bagi anak didik pemasyarakata (Andikpas) dapat terlaksana dengan baik hingga saat ini.

“Memang kita sudah memiliki tenaga medis yakni perawat yang dapat memantau kesehatan Andikpas setiap hari, namun dengan adanya sinergitas dengan Puskesmas Taman Sari ini kesehatan Andikpas akan lebih terjamin karena diperiksa langsung oleh dokter yang kompeten”, ucap Nanang.

Sementara itu, Kepala Sub Seksi (Kasubsi) Perawatan, Achmad Syarwani menuturkan bahwa pemeriksaan kesehatan serta pengobatan bagi Andikpas rutin dilakukan setiap bulan. Kemudian setiap tiga bulan sekali dilakukan skrining TBC.

Menurutnya melalui kegiatan skrining rutin maka akan dapat diketahui apakah seorang Andikpas berisiko lebih tinggi mengalami suatu masalah Kesehatan. Oleh sebab itu secara rutin kita lakukan pemantauan dan pemeriksaan kesehatan bagi Andikpas agar semuanya sehat dan dapat mengikuti semua kegiatan yang ada di LPKA Pangkalpinang dengan sebaik mungkin.

“Sebanyak 19 orang Andikpas LPKA Pangkalpinang yang hari ini mengikuti pemeriksaan kesehatan dan pengobatan. Selama Andikpas berada di LPKA Pangkalpinang, kami harus dapat menjamin kesehatan mereka”, pungkas Achmad Syarwani.

Selanjutnya Dokter Agus Puskesmas Taman Sari menyampaikan bahwa ia bersama tim medis telah melakukan pemeriksaan kesehatan dan pengobatan kepada semua Andikpas di LPKA Pangkalpinang. Pengobatan dilakukan sesuai apa yang menjadi keluhan Andikpas.

“Apa yang menjadi keluhan kesehatan anak-anak disini kita lakukan “Apa yang menjadi keluhan kesehatan anak-anak disini kita lakukan pemeriksaan terlebih dahulu dan diberikan obat sesuai dengan keluhan tersebut. Kebanyakan keluhan anak-anak adalah pusing, gatal-gatal, bintik-bintik merah dan jerawat”, pungkas Dokter Agus.

Alhamdulillah sejak awal saya dan tim medis melakukan pemeriksaan kesehatan Andikpas di LPKA Pangkalpinang, sampai saat ini terus mengalami penurunan mengenai keluhan kesehatan Andikpas, tambahnya.

“Jagalah higienitas diri mulai dari mencuci baju, membersihkan kamar dan lingkungan agar tren keluhan gatal-gatal dan kesehatan lainnya semakin menurun”, saran Dokter Agus.(*/red).

Sumber : Humas LPKA Kelas II Pangkalpinang.

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *