Waka Polres Bangli Pantau Langsung Pam Ngerebeg Hari Kuningan

Bangli – Pada hari Sabtu tanggal 12 Agustus 2023 pukul 18.40 s.d 19.20 WITA bertempat di simpang empat Catus Pata Bangli, puluhan personil Polres Bangli dan Polsek Bangli berkolaborasi dengan TNI, Pol PP dan Pecalang melaksanakan Pam Kegiatan Ngerebeg rangkaian hari raya kuningan, yang diikuti oleh Banjar Adat Kawan, Banjar Adat Blungbang, Banjar Adat Pande dsn Banjar Adat Griya Kelurahan Kawan Kecamatan dan Kabupaten Bangli.

Dalam kegiatan Ngerebeg tersebut terdiri dari sesuunan tapakan Barong Dalem Purwa Br. Adat Kawan, Sesuunan tapakan Barong Pura Dalem Penunggekan Br. Adat Blungbang, Sesuunan tapakan Barong Pura Dalem Pagringsingan Br. Adat Griya dan sesuunan tapakan Barong Pura Dalem Selaungan Br. Adat Pande yang dihadiri oleh Bupati Bangli SANG NYOMAN SEDANA ARTHA, SE, Prajuru Adat, Pemangku dan Pengiring masing – masing Krama Banjar Adat seluruhnya berjumlah kurang lebih 5.000 orang.

Adapun rangkaian kegiatan sesuunan tapakan Barong dari pura masing2 Banjar menuju Catus Pata Kota Bangli, selanjutnya dilaksanakan rangkaian bakti pengerebegan (warga masyarakat pengiring melaksanakan persembahyangan secara bersamaan) di Catus Pata Kota Bangli, selesai dilaksanakan bakti pengerebegan dilanjutkan dengan Ngerebeg / ngiring ida sesuhunan tapakan barong keliling di lingkungan Banjar Adat masing-masing.

Giat ngerebeg di Catus Pata Bangli dipuput oleh Jro Mangku Pura Dalem masing-masing Banjar, Para prajuru adat didampingi Bendesa Adat , Para Kelian Adat masing-masing banjar serta warga masyarakat yang didampingi oleh para pecalang dari keempat Banjar Adat.

Pengamanan dipantau langsung oleh Wakapolres Bangli Kompol I NYOMAN GATRA, S.H.,M.H, didampingi Kapolsek Bangli Kompol Made Dwi Puja Rimbawa, Sh., Mh dengan melibatkan personil gabungan dari Polres Bangli dan Polsek Bangli dsn berkolaborasii dengan pengamanan eksternal lainnya.

Waka Polres Bangli Kompol Nyoman Gatra, mengatakan bahwa Pengamanan rutin dilaksanakan setiap kegiatsn masyarakat dengan jumlah banyak sehingga prosesi upacara keagamaan berjalan aman dsn lancar. “jelasnya.

Hms

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *