Kebakaran  Lahan, Polsek Kintamani Bersama Inkait dan Masyarakat Berjibaku Padamkan Api

Polsek Kintamani – Personil Polsek Kintamani bersama instansi terkait dan masyarakat melaksanakan pemadaman api akibat kebakaran lahan yang terjadi di tanjakan Jalur Culali, Desa Adat Batur. Kamis, (05/10).

Dipimpin langsung Kapolsek Kintamani Kompol Ruli Agus Susanto,S.H.,M.H., yang didampingi Pawas Ipda I Ketut Sudiarta, 7 personil Polsek Kintamani bersama dengan personil TNI, KPHK Kintamani dan masyarakat seputaran Culali melaksanakan upaya-upaya pemadaman api dengan cara menyemprotkan air menggunakan Truk pengangkut air swadaya dari masyarakat sambil menunggu kedatangan Damkar Kab. Bangli. Selang beberapa saat pihak Damkar Bangli datang dengan 1 Unit Mobil Damkar dan langsung memadamkan api.

Saat dikonfirmasi Kapolsek Kintamani Kompol Ruli Agus Susanto,S.H.,M.H., membenarkan bahwa telah terjadi kebakaran lahan di jalur tanjakan Culali.

“Memang benar telah terjadi kebakaran lahan milik I Komang Suarsana yang terjadi pada hari Kamis tgl 05/10 sekira pukul 11.20 wita,” ucap Kapolsek.

“Setelah menerima informasi dari masyarakat kami langsung menuju ke TKP dan disana berkolaborasi untuk bersama-sama memadamkan api sehingga api tidak merambat luas, dengan menggunakan peralatan seadanya anggota kami bahu-membahu melaksanakan pemadaman api,” imbuh Kapolsek.

“Kami juga melaksanakan koordinasi dengan BKSDA dan KPHK mengingat kawasan lahan tersebut berdekatan dengan kawasan hutan negara sehingga tidak terjadi perluasan area kebakaran,” jelas Kapolsek.

Kapolsek juga menjelaskan penyebab kebakaran terjadi karena cuaca yang panas disertai angin kencang yang terjadi diwilayah Culali.

“Lahan milik korban I Komang Suarsana merupakan lahan tidak produktif yang sudah ditumbuhi oleh semak-semak yang sudah kering, api muncul akibat cuaca panas yang disertai angin kencang yang terjadi diseputaran TKP,” imbuhnya.

Sementara itu berselang satu jam sekira api dapat dipadamkan dan tidak terjadi perluasan area lahan yang terbakar.

Hms

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *