Perbaikan Pura Segara Rampung, Bupati Tamba Siapkan Rencana Selanjutnya

Bupati Tamba Tinjau Perbaikan Pura Segara Gilimanuk

Persindonesia.com Jembrana – Perbaikan Pura Segara Gilimanuk senilai Rp 1,9 Miliar yang bersumber dari BKK (Bantuan Keuangan Khusus) Provinsi Bali Tahun Anggaran 2023 telah rampung dikerjakan. Guna memastikan pekerjaan sesuai dengan yang direncanakan, Bupati Jembrana I Nengah Tamba secara langsung meninjau hasil perbaikan Pura Segara Gilimanuk, Kamis (25/1).

Perbaikan di Utama Mandala meliputi perbaikan Pelinggih Padmasana, Meru, Pengelurah, dan Taksu. Bangunan pendukung lainnya di bagian Utama Mandala juga turut diperbaiki diantaranya Bale Pelik, Gedong Simpen, Bale Paselang, dan Bale Piasan.

Sementara untuk di Madya Mandala, perbaikan meliputi Bale Gong, Gedong Wastra, dan Bale Pengubeng serta di areal Nista Mandala, dibangun gedong/gudang sebagai penunjang kegiatan di Pura.

Jembrana Raih Penghargaan Zona Hijau dari Ombudsman RI Perwakilan Bali

Usai peninjauan, Bupati Tamba mengungkapkan akan kembali melaksanakan penataan di kawasan Pura Segara Gilimanuk. Sejumlah fasilitas akan diperbaiki dan dibangun untuk menunjang kegiatan Yadnya di Pura Segara Gilimanuk.

“Untuk selanjutnya, saya rencanakan untuk membangun Wantilan di Pura Segara ini. Selain itu juga, tempat Melasti Ida Bhatara akan kita bangun sesuai usulan dari Krama Desa Adat Gilimanuk,” ucap Bupati Tamba.

Pihaknya akan mengupayakan anggaran untuk pelaksanaan kegiatan perbaikan dan pembangunan tersebut agar segera dapat direalisasikan. “Astungkara, akan kita upayakan pada anggaran perubahan tahun ini. Mohon doa restu, agar semua dapat terlaksana sesuai rencana,” ucapnya.

Digunakan 3 Desa, Tempat Melasti di Pantai Pulukan Dipelaspas

Disisi lain, tekait akan dilaksanakannya upacara ngaben Kusa Prenawe bagi manusia prasejarah di Museum Purbakala Gilimanuk, Tamba juga memohon doa restu dan dukungan khususnya kepada seluruh warga di Gilimanuk sehingga pelaksanaan dapat berjalan dengan lancar dan labda karya.

“Diharapkan dengan gelaran upacara pengabenan Kusa Prenawa ini dapat membawa kedamaian dan kesejahteraan masyarakat di Kabupaten Jembrana ini,” harapnya.

Terakhir, Tamba juga menyebut banyak hal yang sudah dan akan dilakukan di Gilimanuk ini, mengingat Gilimanuk adalah wajahnya Bali jadi harus betul-betul ditata dan dikelola dengan baik.

Laskar Pelangi Bantu Jembrana Promosikan Potensi Wisata dan Budaya

“Seperti halnya senderan pantai penahan abrasi, kemudian perbaikan jalan, perbaikan pura Segara yang saat ini kita tinjau bersama, dan nantinya genah melasti di Gilimanuk. Termasuk juga penataan Pelabuhan Gilimanuk dan destinasi wisata yang ada disekitarnya ,” tutupnya. Hm

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *