Polrestabes Bersama Pemkot Surabaya Siap Optimalkan Operasi Yustisi

Surabaya, persindonesia.com,- Kepolisian Resort Kota Besar (Polrestabes) Surabaya bersama lintas lini Pemkot Surabaya siap mengoptimalkan Operasi penduduk pendatang (Yustisi) setelah arus balik. Langkah ini dilakukan guna menekan angka pendatang pasca lebaran.

Kasi Humas Polrestabes Surabaya, AKP Haryoko Widhi mengatakan pihaknya tetap mendukung program Pemerintah Kota.

“Kita menunggu arahan Pemkot Surabaya. Kita akan berkerjasama dengan stakeholder. Intinya Polrestabes mendukung,” ungkap Haryoko dikonfirmasi, Rabu,17/4/2024.

Terkait gelaran Yustisi kata Haryoko merupakan Razia rutin pasca lebaran. Hal ini bertujuan untuk mendata dan mengantisipasi lonjakan pendatang.

“Dikenal Yustisi mendata kembali atau mengecek warga yang masuk Surabaya,” ujarnya.

Sementara itu Pemerintah Kota (Pemkot) Surabaya sudah menyiapkan sejumlah langkah antisipasi masuknya pendatang ke Kota Pahlawan, karena biasanya seusai libur panjang Lebaran, fenomena urbanisasi biasa terjadi di kota besar.

Kepala Dispendukcapil Surabaya Eddy Cristijanto mengatakan pihaknya mengantisipasi kedatangan gelandangan atau pengemis baru usai libur panjang lebaran saat ini, karena fenomena kedatangan para gepeng saat arus balik Lebaran memang tejadi setiap tahun.

Selain itu menurut Eddy, Dispendukcapil akan melakukan penelitian lapangan secara faktual berkaitan dengan pengajuan pindah baru ke Kota Surabaya, penelitian ini guna memastikan warga yang mengajukan pindah ke Surabaya benar ada di alamat tersebut, atau hanya sebagai syarat administrasi. (red- timsby)

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *