DPD APKASINDO Kampar Ikuti Aksi Demo di Jakarta, Dahlan: Terima Kasih Kawan-kawan APKASINDO Kampar Yang Sudah Memperjuangkan Nasib Kami Petani Sawit

Bangkinang Kota, – Keputusan Presiden Joko Widodo yang akan membuka kran Ekspor Crude Palm Oil (CPO) pada hari Senin tanggal 23 Mei 2022 yang akan datang disambut gembira oleh seluruh Petani Kelapa Sawit se Indonesia termasuk juga petani kelapa sawit yang berada di Kabupaten Kampar Prov. Riau.

Sebab dengan dibuka kran ekspor CPO ini kemungkinan akan berdampak positif pada harga penjualan TBS kelapa sawit yang dalam beberapa minggu yang lalu mengalami penurunan 50 – 70%.

Masyarakat dan petani sawit swadaya berharap dengan adanya keputusan tersebut harga TBS kelapa sawit dapat kembali naik seperti semula sehingga dapat meningkatkan kesejahteraan petani sawit.

Rasa gembira dan terimakasih ini juga disampaikan petani kelapa sawit Kabupaten Kampar kepada DPD APKASINDO Kampar yang diketuai Helkis S.Pd yang sudah memperjuangkan petani sawit di Istana Presiden pada hari Selasa tanggal 17 Mei 2022 yang lalu, berkat perjuangan kawan-kawan APKASINDO Kampar, Petani kelapa sawit juga merasakan hasilnya semua.

“Terimakasih pak Presiden Jokowi, Pak Gebernur Riau, Pak Bupati dan DPRD Kampar yang sudah mengerti jeritan rakyat seperti kami dibawah ini. Dan terimakasih juga kami sampaikan kepada tim APKASINDO Kampar Bang Salman Alfarizi yang beberapa lalu sudah orasi menyampaikan Aspirasi kami di Istana, berkat perjuangan kalian juga Pak Presiden Jokowi mendengarkan keluhan kami terkait harga TBS pada waktu itu turun drastis,”Ungkap salah satu petani Kampar Dahlan warga Kecamatan Kampa saat mendengar Pidato Presiden membuka kembali keran Exspor CPO, Kamis 19 Mei 2022.

Bunyi dalam pidato Presiden RI Joko Widodo pada Kamis (19/5/22), Jokowi mengumumkan mencabut larangan ekspor sawit dan minyak goreng mulai Senin 23 Mei 2022 ini. Hal ini atas pertimbangan kondisi pasokan dan harga yang sudah memenuhi kebutuhan masyarakat.

“Berdasarkan kondisi pasokan dan harga minyak goreng saat ini serta mempertimbangkan adanya 17 juta orang di tenaga industri, baik petani, pekerja dan juga tenaga pendukung lainnya. Maka saya memutuskan ekspor minyak goreng akan dibuka kembali pada Senin 23 Mei 2022,” kata Jokowi dalam keterangan pers, Kamis.

Disisi lain, Ketua APKASINDO Kampar Helkis S.Pd saat dikonfirmasi melalui Telfon Selulernya mengatakan, keputusan Presiden sudah tepat dan ini semua berkat doa masyarakat Kampar serta perjuangan kawan-kawan semua.

Helkis menambahkan bahwa dalam melakukan perjuangan aksi demo petani sawit di Jakarta kemarin, DPD APKASINDO Kampar mengutus Salman Alfarisi S.HI yang merupakan Bendahara DPD APKASINDO Kampar dan berkesempatan berorasi menyampaikan aspirasi petani sawit didepan Istana Negara, sementara itu, kami pengurus dan perwakilan petani sawit Kampar melakukan aksi dengan beraudensi menyampaikan 7 tuntutan kepada Pemda Kampar.

“Alhamdulilah, suara kami petani sawit di dengar oleh Pemerintah Pusat, apalagi dengan mendengar pidato Presiden kita tentang dibukanya kran ekspor CPO, kami semua senang dan Hormat kepada pak Presiden Joko Widodo.

Mudah-mudahan dengan dibukanya kembali ekspor CPO Harga TBS di Kampar khususnya bisa naik lagi seperti biasanya serta Perusahaan PKS di Kabupaten Kampar bisa mengerti keputusan pak Presiden,”Pungkas Ketua APKASINDO Kampar Helkis S.Pd.

Editor : Mohd Irwan
Sumber : Bidang Humas DPD APKASINDO Kampar

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *