Antisipasi Kecurangan dan Oplosan BBM, Reskrim Sidak SPBU di Jembrana

Persindonesia.com Jembrana, Bali – Polres Jembrana melakukan inspeksi mendadak (sidak) di dua SPBU di jalur mudik wilayah Jembrana pada Sabtu (7/4/2024). Sidak ini dilakukan untuk mengantisipasi peredaran BBM oplosan dan memastikan ketersediaan BBM bagi para pemudik.

Kasat Reskrim Polres Jembrana AKP Agus Riwayanto Diputra mengatakan, sidak difokuskan pada BBM subsidi, yaitu Pertalite dan Solar. Petugas menggunakan bejana tera berisi 20 liter BBM yang telah ditera ulang oleh Badan Metrologi Legal Singaraja untuk melakukan pemeriksaan.

“Hasil pemeriksaan di seluruh SPBU di wilayah hukum Polres Jembrana menunjukkan bahwa tidak ada pengurangan takaran BBM yang melanggar standar,” jelanya. Sabtu (6/4/2024).

11 Jam Terjebak Antrian di Gilimanuk, Pemudik Keluhkan Kaki Lemas dan Anak Kepanasan

Selain itu, tidak ditemukan indikasi penggunaan BBM oplosan yang dicampur dengan air, terutama BBM jenis pertalite yang dicampur dengan gas pewarna.

“Kita bisa pastikan untuk jenis BBM dan juga ketersediaannya di SPBU yang berada pada jalur-jalur mudik dipastikan aman terkendali,” tegasnya.

Sidak ini juga dilakukan untuk mengantisipasi penyimpangan yang dilakukan oleh oknum petugas SPBU, baik melalui regulasi, mesin, maupun pembelian BBM berlebihan yang dijual kembali.

Diperkirakan Puncak Arus Mudik, Kapolda Bali Pantau Langsung Pelabuhan Gilimanuk

Agus menambahkan, kegiatan ini merupakan tugas pokok Polri dalam menjaga stabilitas ekonomi dan keamanan berdasarkan perintah Kapolda Bali. Adapun dua SPBU yang disidak yaitu SPBU 54.822.08 di Desa Kaliakah dan SPBU 54.822.13 di Kelurahan Pendem, Jembrana.

Sementara itu, Menejer SPBU 54.822.13 Kepuh, Iskandar Alfan, mengatakan, ketersediaan stok BBM selama mudik lebaran ini masih aman.

“Kita selalu siap untuk pertalite 30 ton setiap hari kita siapkan. Kalau biasanya kita untuk semua produk (BBM) itu 20 – 21 ton per hari,” ucapnya.

Dituding Melakukan Pemerasan Terhadap Pengusaha Pakan Ternak, Ini Jawaban ke 5 Wartawan

Sidak di SPBU ini diharapkan dapat memberikan rasa aman dan nyaman bagi para pemudik dalam perjalanan mudik Lebaran tahun ini. Ina

 

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *