Kembali, Polres Jembrana Berhasil Mengamankan 9 Ekor Penyu Hijau di Pengambengan

Persindonesia.com Jembrana – Kembali, Polres Jembrana berhasil mengamankan 9 ekor Penyu Hijau di wilayah Pantai Pengambengan, temuan tersebut berawal dari informasi warga pada hari Kamis (17/2/2022) sore hari sekira pukul 15.30 wita bahwa ada sesorang nelayan yang berasal dari Banyuwangi dalam perahunya kedapatan membawa penyu yang dilindungi.

Adapun pembawa penyu tersebut dari Banyuwangi berinisial MD. Penyu tersebut diletakkan didalam perahu, saat tukang kuras perahu mengeluarkan penyu dari dalam perahu, petugas langsung mengamankan nelayan beserta 9 ekor penyu hijau tersebut.

Curi Barang Di Warung Angkringan Pria Asal Jember Dibekuk Polsek Kuta

Saat dikonfirmasi awak media Kapolres Jembrana AKBP I Dewa Gde Julianan dalam jumpa persnya bertempat di Penangkaran Penyu Kurma Asih mengatakan, sekitar pukul 15.30 wita pihaknya berhasil mengamankan 9 ekor penyu hijau yang dilindungi bertempat di Perairan Pantai Pengambengan.

“Setelah kita amankan, langsung kita berkoordinnasi dengan Balai Konservasi Sumber Daya Alam Provinsi Bali. Penyu tersebut langsung kita titipkan di Penangkaran Penyu Kurma Asih Perancak guna mendapatkan penanganan dan di cek kesehatannya,” terangnya.

Kazona Tengah Hadiri Serah Terima Jabatan Komandan Pangkalan PSDKP Kota Bitung

Terkait kasus hukumnya, lanjut Juliana, pihaknya masih dalam tahap pendalaman terhadap 1 orang yang membawa penyu tersebut. “Ini masih dalam tahap penyelidikan dan pendalaman nanti untuk penetapan yang bertanggung jawab terhadap penyu tersebut,” ucapnya.

Demi keselamatan dari kesehatan penyu tersebut, imbuh Juliana, setelah mendapatkan penanganan dari dari KSDA Prov. Bali, dan memastikan kesehatan dari penyu tersebut, baru akan di lepas liarkan ke laut untuk berkumpul lagi dengan habitatnya

Dinilai Tak Ada Etikat Baik Keluarga Korban Lakalantas Laporkan Pelaku Ke Polisi

Sementara Ketua Kelompok Penangkaran Penyu Kurma Asih I Wayan Anom Astika Jaya mengatakan, pihaknya sudah mengecek kondisi dari penyu tersebut. “Saat baru datang memang kesehatannya lemah kaki depannya diikat. Penyu ini berjeni penju hijau yang merupakan primadona penyu yang dikonsumsi,” ujarnya.

Terkait dengan ukuran penyu tersebut, kata Astika, yang paling besar dengan panjang 104 cm dengan lebar 100 cm. Ukuran penyu yang paling kecil dengan panjang 46 cm dan lebarnya 44 cm. “Adapun umur penyu yang paling besar sekitar 90 tahun dan yang paling kecil sekitar 1.5 tahun dan 2 tahun,” tutupnya. (S)

 

 

 

 

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *