Giri Tebar Baliho Tak Bercorak PDIP, Koster Berpeluang Kantongi Rekomendasi dari Bu Mega

Persindonesia.com – Denpasar. Gema Pemilihan Gubernur (Pilgub) Bali November 2024 mulai terasa. Jika selama ini beberapa tokoh atau politisi yang santer disebut di masyarakat bakal maju dalam Pilgub Bali 2024, masih ‘sembunyikan diri’, sejak awal April, para calon petarung tersebut sudah mulai keluar kandang dan mensosialisasikan diri, baik secara langsung bertatap muka dengan masyarakat maupun melakukan endorsmen melalui pemasangan baliho di pusat-pusat keramaian.

Buapti Badung, Nyoman Giri Prasta yang juga ketua DPD PDI Perjuangan Kabupaten Badung misalnya, sejak awal april telah melakukan endorsmen melalui pemasangan baliho bergambar dirinya, dengan tulisan “Giri Untuk Bali”.

Netizen pun bereaksi. Ada yang mempertanyakan corak Baliho Giri Prasta, yang penuh warna gelap. Tak satu pun Baliho Giri Prasta yang merepresentasikan partai nauangannya yakni PDI Perjuangan yang dikenal sebagai partai ‘merah’.

Pembatasan Kendaraan Sudah Berakhir, Arus Balik Lebaran Masih Bergelombang

Salah seorang warga netizen, dalam akun Facebooknya, menulis; ‘Pak Giri sudah keluar kandang nih. Tapi kok gak ada warna PDIP ya? Beliau ini kan jelas-jelas kader PDIP, tetapi balihonya sama sekali tidak berorak PDIP. Gak ada merah-merahnya sama sekali,’ tulis netizen bernama Hervina, dalam akun Facebook yang terpantau Selasa 17 April 2024.

Giri Prasta sendiri, sejauh ini belu mengklarifikasi mengapa baliho yang bergambar dirinya sama sekali tidak bercorak PDI Perjuangan. Pihaknya juga belum pernah menjelaskan ke publik terkait maraknya pemasangan baliho dirinya yang hampir dapat ditemukan diseluruh kota kabupaten di Bali.

Sekretaris DPD PDI Perjuangan Provinsi Bali, IGN Jaya Negara dalam sebuah kesempatan kepada wartawan menegaskan, pihaknya, tepatnya DPD PDI Perjuangan Bali, sama sekali tidak mempersoalkan pemasangan baliho tersebut. Meski diakuinya bahwa Giri Prasta adalah kader PDIP.

Ratusan Pelajar di Kabupaten Klungkung Ikuti Kejora Atletik

‘PDIP sangat menjunjung tinggi hak demokrasi yang dimiliki setiap kader PDI Perjuangan, termasuk melakukan sosialisasi diri. Kan partai belum menentukan siapa kader atau tokoh yang didukung untuk maju dalam Pilkada. Jadi ya, wajar-wajar sajalah kalau ada yang ingin sosialisasikan diri,’ ujar Jaya Negara yang kini masih menjabat sebagai Walikota Denpasar belum lama ini di Denpasar.

Sementara itu, Ketua DPD PDI Perjuangan Bali, yang disebut-sebut sebagai calon incumbent unutk Pilgub Bali 2024, Wayan Koster tak ingin berkomentar terkait maraknya sosialisasi Giri Prasta.

Tampaknya Wayan Koster lebih ingin berkonsentrasi mengurus partai yang masih dalam tanggungjawabnya. Dikatakan, rekomendasi untuk maju sebagai calon Gubernur sepenuhnya menjadi kewenangan Ketua Umum PDI Perjuangan, Megawati Soekarno Putri.

Ratusan Nakes Demo Didepan Kemenkes Tuntut Terbitkan NIP dan SK

Dikatakan bahwa PDI Perjuangan adalah partai yang sudah berpengalaman dalam mengelola dinamika politik baik tingkat daerah maupun nasional. Ditegaskan, berbagai rjukan dan referensi tentu telah dikaji dan dimatangkan oleh DPP PDI Perjuangan. Rujukan itu Antara lain, adanya prestasi dalam Pemilu Legislatif, di mana dalam Pemilu Legislatif Februari lalu, PDIP menyapu bersih seluruh kabupaten di Bali.

Selain itu, kata Koster, PDI Perjuangan nyaris tidak punya tradisi untuk memberikan kesempatan hanya satu periode kepada Kepala Daerah, Provinsi maupun Kabupate /Kota. “Saya kasi tau klu saja ya. PDI Perjuangan jarang sekali hanya beri satu periode saja kepada seorang Kepala Daerah. Umumnya dua Periode. Kecuali bila ada permasalahan politik yang sangan berat, atau tidak punya prestasi,’ ujar Koster berdiplomasi.

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *