Antisipasi Banjir dan Jaga Kesehatan Lingkungan,Babinsa Bersama Warga Bersihkan Gorong-gorong 

Kodam Jaya, Tangerang,Persindonesia.com- Musim hujan kerap kali menjadi momok yang menakutkan bagi sebagian besar masyarakat Indonesia. Banjir dapat terjadi dalam waktu singkat dan mengakibatkan kerugian yang besar. Namun, apakah kita tahu bahwa banjir tidak hanya melanda karena volume air yang besar, tetapi juga karena penyumbatan saluran air?

Inilah yang dilakukan anggota Koramil 04/Ciledug Serda  Slamet S anggota Koramil 04/Ciledug Kodim 0506/Tangerang dengan mengajak warga binaan untuk selalu menjaga kebersihan lingkungan sekitarnya, termasuk kebersihan gorong-gorong.

Dikatakannya, sebagai Babinsa atau Bintara Pembina Desa, ia ditugaskan untuk membantu menjaga kondusifitas keamanan dan ketertiban di wilayah binaan. “Dalam hal ini, bersama Ketua Bapak Agus Ketua RT dibantu warga masyarakat bergotong royong membersihan sampah yang menyumbat saluran gorong-gorong yang ada di Jl.Ujung Langgar RT 01/08 Kel Larangan Utara Kec.Larangan Kota Tangerang.” katanya, Selasa (07/05/2024).

“Kerja bakti ini, menjaga saluran air agar tidak tersumbat dan menghindari banjir. Untuk itu bersama warga binaan kita melakukan pembersihan gorong-gorong sebagai antisipasi banjir serta sumber penyakit.” jelasnya.

Diutarakannya bahwa, pembersihan gorong-gorong sering kali dianggap sepele, tetapi sebenarnya memerlukan upaya yang cukup besar. Pembersihan secara rutin sehingga tidak terjadi penyumbatan pada saluran air yang dapat mengakibatkan banjir.

“Selain itu, saluran air yang kotor juga dapat menjadi sarang penyakit yang membahayakan kesehatan warga setempat.” tambahnya.

Dengan menggunakan alat-alat dan perlengkapan yang ada, terlihat Babinsa Serda Slamet S langsung menggunakan cangkul mengangkut sampah dari dalam gorong-gorong. Walaupun menimbulkan aroma tidak sedap tidak menjadi halangan bagi Serda Slamet untuk membantu warga binaan ya guna terciptanya lingkungan yang bersih.

Sementara itu, Danramil 04/Ciledug Mayor Arh Samsuri menyampaikan, ini sudah menjadi komitmen Babinsa untuk menjaga kebersihan lingkungan dan mencegah banjir di wilayah binaan. “Tidak hanya menjaga keamanan dan ketertiban, Babinsa Koramil 04/Ciledug juga berkontribusi dalam menjaga kesehatan masyarakat setempat, karena keberadaannya yang selalu siap membantu.” ujarnya.

“Mari sama-sama menjaga kebersihan lingkungan agar terhindar dari banjir dan penyakit. Peran serta warga masyarakat dalam menjaga lingkungan bersih sangat diperlukan karena ini merupakan tanggung jawab bersama. Semoga upaya yang dilakukan oleh Babinsa bisa menjadi inspirasi bagi kita semua dalam menjaga lingkungan tetap sehat dan bersih.” Pungkasnya.

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *