Arus Balik Meningkat, Masuk Bali Ini Yang Harus Dilengkapi Jika Tidak Akan Dipulangkan   

Persindonesia.com Jembrana – Kedatangan arus balik di pintu masuk Bali Pelabuhan Gilimanuk mulai meningkat sejak dari tanggal 11 April 2023 sampai tanggal 14 April 2024. Pemudik yang turun dari kapal yang baru datang dari kampung halamannya diarahkan menuju tempat pemeriksaan KTP di Terminal Gilimanuk.

Pemeriksaan tersebut melibatkan TNI Polri, Satpol PP Jembrana serta Linmas Kelurahan Gilimanuk. Dukcapil Jembrana menegaskan pemudik yang tidak membawa KTP akan langsung dipulangkan. Sementara pemudik yang balik bertujuan bekerja, akan tetapi tidak membawa KTP diwajibkan ada penjamin yang menampung mereka di Bali

Petugas Dukcapil Kabupaten Jembrana I Ketut Suksma Negara yang menjaga di Pos Pemeriksaan KTP mengaku hari ini bukan merupakan puncak arus balik, kedatangan pemudik yang balik tidak terlalu ramai. Pemudik yang balik kebanyakan pekerja swasta dan negeri. “Puncak arus balik diperkirakan pada tanggal 20 April 2024 saat setelah lebaran ketupat,” jelasnya. Minggu (14/4/2024).

Polsek Denbar Patroli Mobile Pantau Rumah Pemudik

Untuk penjagaan di Pos KTP melibatkan TNI Polri, Satpol PP dan Limas. Untuk perugas Dukcapil sebanyak 6 orang. “Kemungkinan nanti saat puncak arus balik pada tanggal 20 April 2024 kita akan di backup petugas dari Provinsi Bali, untuk saat ini masih belum,” terangnya.

Dalam pemeriksaan, lanjut Suksma, pihaknya hanya memeriksa KTP, untuk yang tidak membawa KTP pemudik harus mempunyai jaminan jika kembali ke Bali. “Pemudik yang akan balik ke Bali untuk bekerja mereka harus mempunyai jaminan dari perusahaannya atau orang Bali asli jika tidak bisa menunjukan KTP ya kita pulangkan lagi,” ucapnya.

Ia juga mengaku, jika terjadi kemacetan saat arus balik turun dari kapal menuju pos pemeriksaan, pemeriksaan akan ditiadakan. “Kalau macet dari pelabuhan ke pos pemeriksaan arus akan di loskan, tidak ada pemeriksaan. Itu tujuannya untuk memperlancar arus yang dari pelabuhan mengingat kapasitas di pos pemeriksaan terbatas,” katanya.

Denpasar Perkuat Koordinasi dan Layanan untuk Arus Balik Lebaran 2024

Salah satu pemudik yang balik dari kampung halamannya bernama Muliadi asal Banyuwangi mengaku balik hari ini lantaran besok ia mulai bekerja. “Kanggoin cukup liburannya besok sudah mulai bekerja di Tabanan,” ucapnya

Sama halnya dengan salah satu pemudik yang akan balik bernama Darwis asal Probolinggo juga mengaku akan mulai bekerja pada hari Senin (15/4/2024). “Mulai besok saya bekerja di Denpasar,” ujarnya.

Data yang diperoleh dari PT ASDP Cabang Ketapang, arus balik dari Pelabuhan Ketapang menuju Pelabuhan Ketapan mulai sejak pada tanggal 11 April 2023 sampai tanggal 13 April 2024 yang merupakan H+2 sudah terlihat mengalami peningkatan.

Pj Bupati Jendrika Tinjau Rumah Kost di Jalan Puputan Klungkung Yang Terbakar

Total penumpang dan pejalan kaki sebanyak 101.452 orang. Sedangkan untuk kendaraan roda dua sebanyak 12.089 unit, kendaraan roda empat, bus dan truk sebanyak 13.253 unit.

 

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *