Berikan Pembekalan Personil Pengaman Pemilu, Polres Klungkung Gelar Simulasi

KLUNGKUNG|PersIndonesia.Com- Dalam rangka Operasi Mantap Brata (OMB) Agung Tahun 2023 – 2024 dan juga untuk menyuksekan pengamanan Pemilihan Umum (Pemilu) tahun 2024, Polres Klungkung menggelar Apel Simulasi Pengamanan TPS serentak di Kabupaten Klungkung, pada Rabu (24/01/2024).

Kegiatan dipimpin langsung Kapolres Klungkung AKBP Umar, dihadiri Wakapolres Klungkung Kompol I Komang Sura Maryantika, Para PJU dan Kapolsek jajaran Polres Klungkung serta personel Polres Klungkung yang terlibat dalam pengamanan TPS Pemilu 2024.

Baca Juga: Sewa Motor Lalu Digadaikan, IRT Cantik Ini Ditangkap Polisi

Kapolres Klungkung, AKBP Umar mengatakan apel Simulasi pengamanan Tempat Pemungutan Suara (TPS) ini dilaksanakan untuk memberikan pembekalan kepada personil yang akan melaksanakan pengamanan TPS nantinya. Dan diharapkan Pemilu 2024 dapat terselenggara dengan aman dan lancar.

Dengan digelarnya Simulasi ini para Personil yang terlibat pengamanan TPS, baik Polri, TNI maupun dari Aparat keamanan lainnya benar-benar memahami tugas pokoknya.

Sehingga para Personil dapat melaksanakan pengamanan dengan sungguh-sungguh dan penuh rasa tanggung jawab”, ujar Kapolres Klungkung.

Ia menjelaskan dalam perkembangannya pelaksanaan penyelenggaraan Pemilu terdapat beberapa perubahan. Maka dari itu dipandang perlu untuk melaksanakan Simulasi kembali kegiatan pengaman Pemungutan Suara, sehingga kita memiliki gambaran awal situasi pengaman TPS.

“Dengan simulasi ini, terkait dengan pengawalan maupun pengaman diharapkan seluruh personil dapat memahami perannya masing-masing”, ungkap AKBP Umar

Sementara itu, Kabag Ops Polres Klungkung, Kompol I Ketut Suastika menegaskan perlu diketahui untuk TPS di Kabupaten Klungkung ada sebanyak 657 TPS. Dan untuk Personel Polres Klungkung yang dilibatkan dalam pengamanan berjumlah 287 Personel.

Baca Juga: Kemampuan Teknis Reskrim Polres Gianyar Dalam Penindakan Pidana Pemilu Dilatih

Untuk pengamanan dengan menerapkan pola Pam yang disesuaikan dengan tingkat kerawanan di masing-masing Desa dan Kecamatan. Untuk hari ini kita laksanakan simulasi, baik itu pengamanan di TPS maupun pengawalan Logistik menuju kepulauan Nusa Penida.

“Nantinya untuk pergeseran pasukan bagi Wilayah Nusa Penida dilakukan pada H-3, dan untuk di Klungkung daratan pergeseran pasukan dilakukan pada H-2”, tegasnya.

Kegiatan Simulasi yang bertempat di Lapangan Apel Polres Klungkung dikahir dengan penyerahan tas kepada perwakilan Personel Pam TPS oleh Kapolres Klungkung. (DK).

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *